Rutan Pangkalan Brandan Sosialisasikan PHBS Kepada Warga Binaan

Bos com,PANGKALAN BRANDAN - Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sudah seharusnya menjadi kebiasaan sehari-hari. Meski terkesan sederhana, pada kenyataannya, masih banyak Warga Binaan Pemasyarakatan yang kurang memperhatikan pentingnya PHBS bagi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Berlandaskan hal tersebut Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pangkalan Brandan laksanakan sosialisasi PHBS demi meningkatkan pemahaman Warga Binaan akan pentingnya kesehatan.

Kepala Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan, Bapak Agung Joni memalui Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Ibu Rolan Siringo-ringo beserta Perawat, Ibu Yentri laksanakan sosialisasi kepada Warga Binaan yang dilaksanakan di Halaman Blok Hunian Rutan Pangkalan Brandan. Pada kesempatannya Kasubsi Yantah mengingatkan Warga Binaan tentang pentingnya PHBS. (17/04/2024)

"Kegiatan penyuluhan ini merupakan kegiatan yang memiliki dampak positif karena dapat meningkatkan pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi Warga Binaan itu sendiri maupun lingkungan sekitar blok kamar hunian. PHBS itu sendiri meliputi: aktivitas fisik setiap hari, Menggunakan air bersih, Cuci tangan dengan sabun dan air bersih, Memberantas jentik nyamuk, Menggunakan jamban sehat, Melakukan pengolahan air minum dan makanan serta Melakukan pemilahan sampah." Ujar Rolan.

Salah satu tujuan utama penerapan PHBS adalah untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sehingga diharapkan akan terhindar dari berbagai virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab penyakit infeksi. Kegiatan ini diselenggarakan masih dalam rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 dalam upaya peningkatan kesehatan (Promotif), pencegahan penyakit (Preventif), penyembuhan penyakit (Kuratif) dan pemulihan penyakit (Rehabilitatif).(JN/IG)


Lebih baru Lebih lama