Ciptakan Warga Binaan Yang Produktif,Lapas Labuhan Bilik Gelar Pelatihan Mengelas

Bos com,LABUHAN BILIK- Pelatihan kemandirian merupakan suatu wadah dalam mengembangkan minat dan bakat warga binaan pemasyarakatan (WBP) guna ciptakan warga binaan yang Produktif sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Labuhan Bilik menyelenggarakan pembukaan kegiatan pembinaan kemandirian berupa pelatihan Mengelas yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Putra Jaya Mandiri, Senin (04/03/2024).

Pelaksanaan kegiatan pembinaan kemandirian Warga Binaan berupa pelatihan Mengelas di Lapas Kelas III Labuhan Bilik,yang berlangsung pada tanggal 04-06 Maret 2024 dibuka langsung oleh Kepala Sub Bagian Pembinaan (Kasubsi Pembinaan) Asrir Radhu Harahap.

Dalam paparannya, Asrir menjelaskan bahwa pelatihan kursus mengelas ini terlaksana karena ada kerja sama antara pihak Lapas Labuhan Bilik dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Putra Jaya Mandiri. "Saya berharap pelatihan ini akan mampu memberikan ilmu buat warga binaan di masa yang akan datang sebagai bekal kehidupan mereka," ujar Asrir

Pelatihan ini dinilai akan mampu memberikan ilmu dan keterampilan mengelas kepada warga binaan untuk bekal penghidupan mereka di masyarakat. Program pendidikan keterampilan itu sudah menjadi program khusus untuk memberikan tambahan pengalaman dan praktik para penghuni Lapas.

Sementara itu, Perwakilan LPK Putra Jaya Mandiri mengatakan jika program ini sangat menarik.

"Pada masa mendatang kami siap membantu program Lapas dengan peserta yang lebih banyak. Sehingga warga Lapas benar-benar memiliki kemampuan menjahit sehingga setelah selesai siap untuk membuka usaha," katanya.

Setelah Itu Para Warga Binaan Langsung mendapat pelatihan dari instruktur dengan membuat meja dari plat besi yang di sambung oleh las. Para warga binaan tampak antusias dalam mengikuti setiap arahan yang di berikan istruktur pembimbing.

Asrir berharap supaya para warga binaan memanfaat kan pelatihan ini dengan sebaik mungkin agar menjadi modal ilmu yang bermanfaat saat kembali kemasyarakat nanti.(JN/IG)



Lebih baru Lebih lama