Tingkatkan Kualitas SDM, Kakanwil Kumham Sumut Hadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023

Bos com,JAKARTA - Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aset penting dalam sebuah organisasi, hal ini juga berlaku bagi Kementerian Hukum dan HAM. (Minggu, 26/11/2023) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Mhd. Jahari Sitepu hadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM) Tahun 2023, bertempat di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta. 

Pada jajaran Kemenkumham sendiri pelatihan serta pengembangan SDM dilaksanakan oleh BPSDM Kumham. Pengembangan SDM terus dilakukan baik secara klasikal maupun daring, Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu bentuk pengembangan kualitas SDM Kemenkumham, hal ini sejalan dengan yang di amanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dimana setiap Pegawai Negeri Sipil berhak atas pengembangan kompetensi paling sedikit 20 (dua puluh) jam dalam 1 (satu) tahun. Kepala BPSDM Kumham, Iwan Kurniawan memberikan arahan dan penguatan bagi seluruh jajaran Kemenkumham yang hadir pada acara ini.

"Terimakasih atas kehadiran bapak/ibu sekalian, melalui kegiatan ini kita akan melakukan evaluasi mengenai pengembangan SDM yang ada di Kemenkumham. Berbagai upaya telah dilakukan dalam pengembangan SDM yang kita miliki, salah satunya dengan adanya MOOC yang menjadi upaya kita memenuhi 20 (dua puluh) jam pengembangan kompetensi yang menjadi hak tiap-tiap Pegawai Kemenkumham," ucap Iwan. 

Jika kita amati kinerja Kemenkumham sudah bagus, namun jika digali lebih mendalam masih terdapat beberapa hal yang perlu kita optimalkan, salah satunya dalam hal pengembangan SDM. Saat ini sumber daya yang kita miliki sudah mencukupi, keberadaan Politeknik semestinya dapat dioptimalkan dengan membuka program magister ilmu terapan. Peran Balai Pendidikan dan Pelatihan kita diwilayah juga perlu di maksimalkan sehingga pengembangan SDM yang kita lakukan dapat berjalan efektif dan efisien. 

"Perlu saya ingatkan kembali apa yang kita usahakan saat ini akan kita petik hasilnya di masa yang akan datang. Saya harapkan bapak/ibu dapat memberikan saran guna meningkatkan kualitas pengembangan SDM yang saat ini telah berjalan," tutup Iwan. 

Sebagai salah seorang Kakanwil unit wilayah dibawah kepemimpinan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, Mhd. Jahari Sitepu akan terus mendukung komitmen Menkumham untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas SDM ASN Kemenkumham.

Turut hadir mendampingi Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Administrasi, Sahata Marlen Situngkir beserta perwakilan Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga kanwil kemenkumham Sumut.

Lebih baru Lebih lama