Pantau Kesehatan Warga Binaan, Tim Keswat Kanwil Kemenkumham Sumut Kunjungi Lapas Narkotika Langkat

Bos com,LANGKAT – Bertempat di Klinik Pratama Lapas Narkotika Langkat Tim Kesehatan dan Perawatan (Keswat) Kanwil Kemenkumham Sumut laksanakan kunjungan ke Lapas Narkotika Langkat. Tim Keswat yang hadir pada hari ini yaitu  Koordinator Perawatan Kesehatan Lanjutan, Muhammad Kamal, Psikolog Klinis Pertama, Ratna Intifada beserta tim disambut langsung oleh Kasi Binadik, Ibnu Taqwim, Kamis (06/07/2023).


Kunjungan pada hari ini bertujuan untuk melakasanakan monitoring dan evaluasi (skrinning) tentang kesehatan mental, pemberian layanan kesehatan dan status jaminan kesehatan (BPJS) warga binaan yang ada di Lapas Narkotika Langkat.

Dalam monev yang terlaksana, Muhammad Kamal menekankan bahwa Kesehatan mental warga binaan memang menjadi hal yang utama di dalam lapas, dengan kondisi lapas yang over kapasitas tentu juga menambah tekanan mental terhadap warga binaan. Maka dari itu dibutukan peran petugas lapas sebagai pengayom sekaligus pembina warga binaan menjadi sangat penting untuk kesehatan mental warga binaan, pendekatan yang humanis saat kegiatan kegiatan berlangsung sangat dibutuhkan oleh warga binaan. 


Kasi Binadik, Ibnu Taqwim mengatakan bahwa pemberian layanan kesehatan terjamin oleh Undang-Undang, itu merupakan hak dari warga binaan yang ada di Lapas Narkotika Langkat.


“Pemberian layanan kesehatan bagi warga merupakan hak yang wajib diberikan dan telah dijamin oleh Undang-Undang. Selain kebutuhan pendidikan, pelatihan, makan dan minum, Warga Binaan juga berhak mendapatkan layanan dan jaminan kesehatan secara layak tanpa ada pungutan biaya," jelas Kasi Binadik, Ibnu Taqwim.


Dengan adanya monev Tim Keswat Kanwil Kemenkumham Sumut diharapakan  dapat terciptanya kesatuan langkah dalam upaya memenuhi hak-hak warga binaan  sehingga warga binaan mendapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan yang semakin baik.(JN)

Lebih baru Lebih lama