Pastikan Lapas Perempuan Medan Kondusif,Kadivpas Sumut Laksanakan Inpeksi Mendadak

Bos com, MEDAN - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Rudi F. Sianturi bersama Kabid Peltah Watkesrehab Baran Basan, Kriston Napitupulu  beserta Tim Kanwil Kemenkumham Sumut melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Perempuan Medan pada hari Kamis (25/5/2023). Kadivpas ingin memastikan kondusifitas Lapas Perempuan Medan.


Dalam sidak ini Kalapas Perempuan Medan Agustinawati Nainggolan didamping Ka. KPLP Marlia Rezeki Santoso menyambut langsung kedatangan Tim Sidak yang dipimpin langsung oleh Kadivpas.


Kadivpas beserta Kalapas dan jajarannya mengelilingi blok lapas, Area Wartelsuspas, aula rehab, dan kamar hunian warga binaan hingga straff cell. Untuk benar-benar memastikannya, Kadivpas tidak hanya melakukan peninjauan. Tapi juga berdialog dengan beberapa warga binaan.


Rudi bertanya langsung tentang pelayanan dan tarif kepada warga binaan dan memastikan tidak ada pungutan liar di Lapas Perempuan Medan. Kemudian ia melanjutkan ke Aula Rehab dan memberikan motivasi kepada residen yang sedang menjalani rehabilitasi. 


"Harus ikhlas dan serius menjalani rehab, untuk kebaikan saudara sekalian. Yang bisa merubah diri kita hanya diri kita sendiri" ujar Kadivpas.


Kemudian dilanjutkan dengan pemantauan straff cell dan memastikan keadaan WBP yang berada didalam straff cell aman dan tidak terjadi penganiayaan seperti yang diadukan di media sosial.


Selanjutnya, Kadivpas besertas Kalapas menggelar dialog dengan warga binaan dan bertanya tentang masalah yang dialami WBP.


Kadivpas dengan senang hati berkenan menerima keluhan atau saran yang akan disampaikan oleh warga binaan. Seperti terkait makanan,pelayanan dan Kadivpas juga menyampaikan kepada warga binaan tentang bahaya narkoba yang dapat merusak diri dan lingkungan sekitar 


"Ada 5 hal yang dirusak oleh narkoba bagi diri kita :

 1. Diri Sendiri

2. Keluarga

3. Ekonomi

4. Pekerjaan

5. Dicap oleh masyarakat

Maka dari itu saya harap ibu ibu sekalian berjanji kepada diri sendiri untuk menjauhi narkoba" ujar Rudi.


Kadivpas berharap seluruh warga binaan Lapas Perempuan Medan agar bisa membantu para petugas untuk menciptakan kondisi Lapas yang aman dan kondusif singkatnya.(Red/Rel)

Lebih baru Lebih lama