Dusun Lumban Siregar Tobasa Kini Sudah Diterangi Listrik PLN -->

Dusun Lumban Siregar Tobasa Kini Sudah Diterangi Listrik PLN

17 September 2018, 17 September
TOBASA - BOS : Warga Dusun Lumban Siregar, Desa Huta Namora, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), merasa senang karena kini sudah menikmati penerangan listrik. PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara baru saja mengalirkan daya listrik di rumah sekitar 17 kepala keluarga (KK) di dusun itu. Secara bertahap, warga lainnya di dusun itu, juga akan mendapatkan aliran listrik.

"Kami sangat bersyukur karena sudah menikmati penerangan listrik. Terima kasih untuk PLN dan pemerintah," ujar salah seorang warga, Oloan Sinaga menjawab wartawan dalam presstour Kelompok Kerja Wartawan Listrik (Korwalis) Sumut di dusun itu, Sabtu (15/9).

Sebelumnya, kata Sinaga, warga di sana menggunakan lampu teplok sebagai fasilitas penerangan. "Namun sekarang anak-anak bisa nyaman belajar di malam hari, dan untuk kebutuhan lainnya," sebutnya.

Warga lainnya boru Manik, juga menyampaikan ungkapan syukurnya. Dia senang karena di masa tuanya saat ini, berkesempatan menikmati penerangan listrik. "Sudah lama kali, sejak merdeka barulah ini listrik masuk," ungkapnya.

Manager Rayon PLN Porsea Area Sibolga, Elfrid Pasaribu, mengatakan pihaknya membangun jaringan listrik di dusun itu dengan trafo 1/25 (dengan jaringan transmisi hantaran udara tegangan menengah 1.04 kms dan tegangan rendah 1.27 kms).

"Dan ini sudah selesai dan dinikmati masyarakat. Di sini ada 17 KK dan sudah 3 rumah yang masuk listrik, kita menunggu penarikan jaringan ke rumah-rumah lainnya," katanya.

Elfrid menjelaskan, selain pembangunan jaringan listrik ke Dusun Lumban Siregar, pihaknya juga sedang melakukan penarikan jaringan ke desa terpencil lainnya, yakni Desa Jambu Dolok, Kecamatan Pintu Pohan.

Meski hanya dihuni 16 KK, namun pihak PLN menurutnya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan penarikan jaringan listrik hingga ke Desa Jambu Dolok.

"Penarikan jaringan ke desa ini masih harus dilakukan manual karena belum bisa dilalui kendaraan. Tiang listrik dan kabel masih harus dipikul oleh pekerja ke lokasi," ujarnya, sembari mengatakan semua desa di Tobasa sudah dialiri listrik hingga akhir 2019.

Anggota DPRD Tobasa, Avron Sirait, yang hadir meninjau penyambungan listrik rumah warga di dusun itu mengaku puas dengan pelayanan PLN. Dia optimis dengan tersambungnya jaringan listrik ke dusun itu, akan meningkatkan kesejahteraan hidup warga.

Politisi Nasdem itu menegaskan dukungannya bagi PLN dan Pemkab Tobasa untuk merealisasikan program listrik desa di Tobasa. "Kami dari legislatif turut mendukung. Kendala dan hambatan dalam pelaksanaannya di lapangan, akan kita tuntaskan bersama," sebut Avron.

Secara terpisah, Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Wilayah Sumut, Tumpal Hutapea, mengatakan, salah satu fokus PLN Wilayah Sumut adalah merealisasikan program listrik desa di Sumut hingga akhir 2019.

Tumpal menyebutkan sedang disiapkan PLN anggaran yang lebih besar di tahun 2019 dari tahun 2018 untuk program listrik desa di Sumut. "Nominal persisnya saya tidak ingat, namun yang pasti lebih besar tahun depan," katanya.

Menurutnya, digenjotnya program listrik desa untuk meningkatkan daya saing sekaligus mendorong daya saing masyarakat di desa. Program listrik yang juga dikomitmenkan pemerintah untuk Sumut itu, semakin digenjot terutama pada kawasan-kawasan prioritas seperti Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. (Dame)

TerPopuler