Rutan Humabahas Laksanakan Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila,Kenakan Pakaian Adat Nasional

Bos com,HUMBANGHASUNDUTAN - Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh warga binaan dan pegawai Lapas. Upacara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", Sabtu (1/06).

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB di Lapangan dalam Rutan Humbang Hasundutan. Suasana meriah terasa sejak pagi hari dengan para pegawai Rutan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Keanekaragaman pakaian adat yang dikenakan mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan yang terkandung dalam Pancasila.

Kepala Rutan Humbang Hasundutan, Sahat Parsaulian bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi Dalam amanatnya menyampaikan Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Sahat juga menambahkan pentingnya semangat Pancasila sebagai pemersatu bangsa, terutama dalam rangka mencapai visi Indonesia Emas 2045. "Pancasila adalah jiwa bangsa kita dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, Mari kita terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, khususnya bagi teman-teman warga binaan kami".(JN/IG)



Lebih baru Lebih lama