Dorong Siswa jadi Pencipta dan Inovator Muda, RuKI Bergerak Kanwil Kemenkumham Sumut Semarakkan Peringatan Hari KI Sedunia 2024 di SMK 10 Medan

Bos com,MEDAN - Memperingati Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara menggelar kegiatan "Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak" di SMK 10 Medan pada hari Jumat, (26/04/24).

Adapun tema yang diusung pada Hari KI Sedunia tahun 2024 ini adalah Kekayaan Intelektual dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Masa Depan dengan Inovasi dan Kreativitas.

Pihak sekolah SMK Negeri 10 Medan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Sumut atas terselenggaranya kegiatan RuKI Bergerak SMK 10 Medan dan berharap dengan kegiatan ini, para siswa dapat menjadi pencipta dan inovator muda yang mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ungkap Pehulisa Sagala selaku Waka Bidang Kurikulum mewakili Kepala Sekolah saat menyampaikan kata sambutan.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para siswa tentang pentingnya melindungi Kekayaan Intelektual (KI). 

"Dalam kegiatan ini, Guru Kekayaan Intelektual akan memberikan sosialisasi tentang berbagai jenis KI, seperti hak cipta, paten, merek, desain industri dan lainnya,” terang Julius Manurung, Kepala Bidang Pelayanan Hukum saat membuka kegiatan.

Ia juga memotivasi para siswa melalui diskusi interaktif dengan reward berupa hadiah menarik.

Lamria Manalu beserta Desy Damanik selaku guru Kekayaan Intelektual mewarnai kegiatan sosialisasi ini dengan pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan nilai signifikan pada siswa. 

Para siswa mengikuti seluruh rangkaian acara dengan penuh antusiasme. Diharapkan dengan kegiatan ini, para siswa dapat lebih memahami hak-hak mereka dan terdorong untuk menjadi kreator dan inovator yang bertanggung jawab.(JN)

Lebih baru Lebih lama