Bekerja Sama Dengan Puskesmas Medan Deli, Rutan Labuhan Gelar Skrining HIV dan Penyakit Sifilis

Bos com,LABUHAN DELI - Guna mencegah adanya penyakit menular pada Warga Binaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar kegiatan Skrining HIV dan penyakit sifilis, bertempat di Aula Lantai 3 Rutan Labuhan Deli, Rabu (28/02).

Pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang  dilaksanakan oleh Rutan Labuhan Deli yang bekerja sama dengan Puskesmas Medan Deli sebagai Langkah deteksi dini pencegahan penyakit menular. Dari pemeriksaan yang ada, sebanyak 60 orang Warga Binaan Rutan Labuhan Deli melaksanakan kegiatan skrining yang diperiksa oleh Tim Medis Puskesmas Medan Deli dan dinyatakan Negatif. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Pawer Siahaan serta dr. Edi Suranta surbakti dan dr. Monica Simanjuntak yang merupakan dokter di Klinik Rutan Labuhan Deli ikut serta memantau pelaksanaan kegiatan berlangsung. Sementara dari Puskesmas Medan Deli hadir dr. Budiarti dan beberapa tenaga kesehatan lainnya. 

Pemeriksaan ini bertujuan utk mengetahui secara dini penyakit Hiv dan sifilis sehingga cepat dalam pengobatanya. Rutan I Labuhan Deli dan Puskesmas Medan Deli terus meningkatkan kerjasama dalam  pelayanan Kesehatan bagi Warga Binaan sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bagi Warga Binaan Rutan Labuhan Deli.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Pawer Siahaan menyampaikan “Kegiatan skrining seperti ini akan rutin kita laksanakan sebagai bentuk deteksi dini agar warga binaan selalu dalam kondisi sehat ketika menjalani masa pidana di Rutan Labuhan Deli, jadi jangan malu untuk terbuka dan segera laporkan apabila merasakan gejalanya,” pungkas Pawer.(JN)

Lebih baru Lebih lama