Pj.Bupati Atam Apresiasi Kepada KIP Terhadap Progres Sortir Lipat Surat Suara Lebih Cepat Dari Jadwal

Bos.com (Aceh Tamiang) - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra memberikan apresiasi kepada Komisi Indenpenden Pemilihan terhadap progres Sortir dan Lipat Surat Surat Pemilu 2024 lebih cepat selesai dari jadwal direncanakan.

“Kita cukup mengapresiasi KIP Aceh Tamiang beserta jajaran, pihak Polres Aceh Tamiang selalu siaga dalam pengamanan serta unsur Forkompimda. Terkhusus kepada 500 Petugas Sorlip yang telag berkerja semaksimal mungkin dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024 ini,” sebut Asra, Sabtu (20/1/2024)

Asra berharap dengan capain progres dua hari lebih dari jadwal ini dapat digunakan untuk mengejar ketertinggalan yang lain.

“Sorlip ini dijdwalkan selesai pada tanggal 21 Januari, yaitu besok. Tapi, Alhamdulillah kemarin sudab selesai dikerjakan,” ungkap Asra.

Selaku Pj Bupati Aceh Tamiang, Asda berharap dengan komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilu Serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang dapat terwujud.

Untuk itu Asra menghimbau semua elemen untuk mengambil bagian ikut menyukseskan Pemilu mendatang.

“Mari bersama-sama sukseskan pemilu serentak 2024 ini, kita tidak mau, kabupaten kita ini dianggap tidak siap dalam pemilu 2024, oleh karena itu, semua element masyarakat harus serius mensuskses pemilu ini,” ajaknya.

Berita sebelumnya sejuta lebih Surat Suara Pemilu Serentak 2024 di Aceh Tamiang telah selesai dilakukan Sortir dan Lipat (Sorlip) oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Jumat (20/01/24) sore.

Data yang kita terima dari Sekretariat, total 1.065.184 surat suara yang diterima ada 490 surat suara dinyatakan rusak,” sebut Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, Sabtu (20/1/2024) menjelang subuh.

Rita Afrianti sampaikan bahwa jumlah surat suara yang dinyatakan rusak akan dilaporkan ke KPU RI untuk minta pergantian.

Rita merincikan jumlah surat suara yang dinyatakan rusak terdiri dari 12 surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), 33 surat suara DPD RI serta 83 surat suara DPR RI rusak.

Sementara untuk DPR Aceh Dapil Aceh VII juga ditemukan 233 surat suara rusak, DPRK Dapil 1 ditemukan 35 surat suara rusak, DPRK Dapil II ditemukan 25 surat suara rusak, DPRK Dapil Aceh Tamiang III ditemukan 41 surat suara rusak dan DPRK Dapil Aceh Tamiang IV ditemukan 28 surat suara rusak.

Menurutnya tahap selanjutnya KIP Aceh Tamiang akan mendistribusikan logistik Pemilu secara berjenjang ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Secara keseluruhan Rita juga menjelaskan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 208.434 jiwa dengan rincian 104.225 orang pemilih laki- laki dan 104.209 orang pemilih perempuan.

“Total seluruh DPT di Aceh Tamiang tercatat sebanyak 208.434 jiwa Semuanya tersebar di 12 kecamatan dan 216 desa dan 913 TPS,” ujar Rita Afrianti.

Disisi lain Ketua KIP Aceh Tamiang ini juga menghimbau kepada semua pemilihan agar dapat berperan menyukseskan Pemilu 2024.

“Kita harus sama – sama ikut ambil andil menyukseskan Pemilu 2024. Untuk itu, ayo tanggal 14 Februari 2024 mendatang agar ramai – ramai datang ke TPS sesuai DPT dan berikan hak suara dengan mencoblos sesuai dengan hati nurani kita,” ajak Rita Afrianti mengakhiri."(Hrp).

Lebih baru Lebih lama