Rudenim Medan Tutup Akhir Tahun 2023 dengan Peresemian Klinik Rawat Jalan dan Refleksi Akhir Tahun

Bos com,MEDAN- Selasa, 19/12/2023 merupakan momen bersejarah bagi Rumah Detensi Imigrasi Medan, yang mana hari ini  telah terselenggaranya kegiatan peresmian klinik rawat jalan Rumah Detensi Imigrasi Medan. Kegiatn peresmian diawali dengan acara gunting pita yang dilakukan oleh dr. Oki Leksmana, selaku Ketua Perizinan Sektor Sarana Kesehatan DPMPTSP Kota Medan, dr. Mohammad Mukhlis selaku Kepala Puskesma Belawan serta Sarsaralos Sivakkar selaku Kepala Rumah Detensi Imigrasi Medan.

Turut hadir pada kegiatan ini perwakilan Camat Medan Belawan, Kepala Puskesmas Belawan Muklis, perwakilan BRI Cabang Iskandar Muda dan Ketua Perizinan Sektor Sarana Kesehatan DPMPTSP Kota Medan beserta rombongan serta seluruh pegawai dan PPNPN Rumah Detensi Imigrasi Medan.

Dalam sambutannya, Kepala Rudenim Medan menyampaiakan bahwasannya dari 13 Rumah Detensi Imigrasi yang ada di Indonesia, Rudenim Medan merupakan Rumah Detensi Imigrasi pertama yang memiliki klinik secara legalitas atau berbadan hukum. Diharapkan dengan adanya klinik ini dapat memberikan pelayanan Kesehatan yang optimal terhadap Deteni dan Pegawai di Rudenim Medan.

Pada kesempatan ini turut dilaksanakan kegiatan pemberian penghargaan kepada pegawai teladan Rumah Detensi Imigrasi Medan periode Oktober sampai dengan Desember 2023 yang diserahkan secara langsung oleh Perwakilan BRI Cabang Iskandar Muda, Kepala Puskesmas Belawan, Ketua Perizinan Sektor Sarana Kesehatan DPMPTSP Kota Medan dan Kepala Rudenim Medan.

Kegiatan ini juga sebagai momentum refleksi akhir tahun bagi seluruh pegawai Rumah Detensi Imigrasi Medan atas segala pencapaian serta usaha yang telah dilakukan meliputi:

a.Pelaksanaan Pendetensian sebanyak 45 Orang Deteni

b.Pelaksanaan Pendeportasian sebanyak 21 Orang Deteni

c.Pelaksanaan AVRR (Assosted Voluntary Return and Reintegration) terhadap pengungsi sebanyak 21 orang

d.Penempatan Ke Negara Ketiga atau Ressetlement sebanyak 71 orang

Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Pegawai Rumah Detensi Imigrasi Medan, sepanjang tahun 20232 telah dilaksanakan kegiatan meliputi:

a.Pelatihan kesamaptaan pegawai bekerjasama dengan Koprs Marinir Belawan

b.Pelatihan penanganan dan penanggulangan kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan

c.Pelatihan First Aid Training bekerjasama dengan PMI Kota Medan

Sepanjang tahun 2023 ini Rumah Detensi Imigrasi Medan juga telah menorehkan berbagai prestasi diantaranya:

a.Terbaik III Pelaporan Harian Intelejen Keimigrasian tahun 2022 kategori Rumah Detensi Imigrasi

b.Juara II E-sport Mobile Legend pada peringatan HDKD Tahun 2023 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara

c.Terbaik I kategori Media Darling (pengelolaan media dan pemberitaan terbaik) Subkategori Kantor Imigrasi Kelas III & Rudenim pada ajang Anugerah Humas Imigrasi Indonesia tahun 2023

d.Terbaik I kategori Webshine (pengelolaan website terbaik) Subkategori Kantor Imigrasi Kelas III & Rudenim pada ajang Anugerah Humas Imigrasi Indonesia tahun 2023

e.Terbaik II kategori The Most Caring One (pelayanan informasi dan pengaduan masyarakat terbaik) Subkategori Kantor Imigrasi Kelas III & Rudenim pada ajang Anugerah Humas Imigrasi Indonesia tahun 2023

Adapun capaian kinerja penyerapan anggaran Rumah Detensi Imigrasi Medan tahun anggran 2023 sebesar 99,29 % dari total pagu Rp 7.293.147.000 dengan nilai IKPA 98,16 dan Nilai SMART 85,87 dengan total nilai capain kinerja 90,79.

Untuk menjawab  permasalahan Rudenim Medan setiap tahunnya yakni banjir akibat pasang rob dan banjir di musim penghujan, pada tahun 2023 ini Rumah Detensi Imigrasi Medan berhasil mendapat tanah dan bangunan yang merupakan aset Eks BLBI dari Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Kepala Rudenim Medan berharap segela prestasi dan pencapaian di tahun 2023 ini dapat menambah semangat seluruh pegawai untuk melangkah lebih jauh di tahun 2024 dengan memberikan kinerja terbaiknya.

Lebih baru Lebih lama