Saling Tukar Pandangan Tentang Praktik Sistem Pemasyarakatan, Lapas Perempuan Medan Terima Kunjungan Studi Banding Jabatan Penjara Malaysia

Bos com,MEDAN - Lapas Perempuan Kelas II A Medan terima kunjungan studi banding Jabatan Penjara Sungai Petani, Kedah, Malaysia yang didampingi oleh Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Direktorat Pemasyarakatan. Rombongan Jabatan Penjara Malaysia yang dipimpin oleh Pengarah Penjara Sungai Petani, Kedah Tuan Abd Zaini bin Ibrahim dan Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama (DirTikers) Kemenkumham, Jumadi disambut langsung oleh Agustinawati Nainggolan selaku Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Medan pada Kamis (23/11).

Kalapas Perempuan Medan, Agustina menyambut baik kunjungan yang dilakukan rombongan Jabatan Penjara Malaysia di Lapas yang dipimpinnya. Rombongan disambut dengan tarian persembahan oleh WBP dan penyematan ulos kepada Pengarah Penjara Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

Dalam sambutannya, Kalapas mengatakan bahwa beliau sangat senang dan bangga menerima kunjungan tersebut. Beliau juga berharap nantinya Lapas Perempuan Medan akan melakukan kunjungan balasan ke Penjara Sungai Petani, Kedah, Malaysia. 

“Sekali lagi, saya sangat senang dan berterima kasih atas kehadiran tuan dan puan sekalian. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk bertukar ilmu dan berbagi praktik terbaik terkait sistem pemasyarakatan serta mempererat hubungan, kerja sama dan persahabatan diplomatik antara Lembaga Pemasyarakatan Indonesia dan Malaysia, khususnya Lapas Perempuan Kelas IIA Medan dengan Jabatan Penjara Sungai Petani, Kedah, Malaysia" ujar Kalapas

Sementara itu, Pengarah Penjara Sungai Petani, Kedah, Abd Zaini bin Ibrahim, dalam sambutannya menyampaikan ,”Tujuan lawatan kami adalah mencari pengalaman, bertukar pandangan serta idea terutamanya dalam system pemulihan dan juga mengeratkan hubungan silaturrahim di antara pegawai dan kakitangan melibatkan kedua – dua negara,” ujarnya.

Rombongan jabatan Malaysia kemudian diajak berkeliling blok hunian Lapas Perempuan Kelas IIA Medan dan menyaksikan tarian Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya di ruangan Bengkel Kerja, rombongan melihat kegiatan Warga Binaan seperti menjahit, pembuatan kue, salon dan mengkait.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan, Rudy F. Sianturi yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut dan Ka. UPT medan sekitar.

Lebih baru Lebih lama