Kanwil Kemenkumham Sumut Bersama Dirjen PAS Gelar Sosialisasi Sistem Kerja JF Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan

Bos com,MEDAN – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengadakan Sosialisasi Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Tentang Sistem Kerja Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan, bertempat di Aula Soepomo Kanwil Kemenkumham Sumut. (23/11)

Mewakili Kakanwil Sumut Mhd. Jahari Sitepu, Kepala Divisi Keimigrasian Yan Wely Wiguna membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya Yan Wely menyampaikan bahwa petugas Pemasyarakatan wajib memiliki kompetensi dalam melaksanakan langkah-langkah strategis pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) serta menjaga kondisi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam keadaan teratur, aman, dan tenteram. Demi terwujudnya hal tersebut maka diterbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Jabatan Fungsional Pengaman Pemasyarakatan.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini kita bisa menyamakan persepsi terkait penempatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan beserta  tugas dan fungsinya pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Jangan ada lagi keragu-raguan dalam melaksanakan tugas anda. Biasakan yang benar dan bukan membenarkan yang biasa dalam menjalankan tugas, serta laksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab”, ujar Yan Wely.

Selanjutnya Kepala Bagian Kepegawaian Dirjen PAS Decky Nurmansyah menyampaikan bahwa petugas Pemasyarakatan dituntut menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas untuk meningkatkan citra pemasyarakatan. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tugas serta lebih memahami tugas yang dilakukan oleh Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan. Decky berharap seluruh peserta dapat memperhatikan dan mengetahui sehingga pelaksanaan tugas di tempatnya masing-masing dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Pedoman Sistem Kerja Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengaman Pemasyarakatan oleh narasumber dari Analis Kepegawaian Dirjen PAS yaitu Aris Setiyawan, Taufik Tri Prabowo, dan Ekha Nurfitriana.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Umum Syafriadi Lubis, Kabid Yantah Kesrehab Lola Basan Baran dan Keamanan, Kriston Napitupulu dengan peserta berasal dari Kanwil Kemenkumham dan UPT seluruh wilayah Sumatera yang mengikuti secara daring dan luring.(JN)

Lebih baru Lebih lama