Rutan Cipinang Kanwil Kumham DKI Jakarta Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan TB Sambut HBP Ke-59 -->

Rutan Cipinang Kanwil Kumham DKI Jakarta Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan TB Sambut HBP Ke-59

Senin, 20 Maret 2023, 16:34

Bos com,JAKARTA – Bertempat di Gazebo Rutan Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Tim Poliklinik memberikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Tuberkulosis (TB) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan ini sekaligus menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 dan Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia (HTBS). Senin (20/3/23).


dr. Yulius S dan dr. Timoria S memberikan materi langsung kepada WBP terkait Informasi Dasar, Gejala Umum, Penularan TB, Resiko TB dan Cara Penangan TB yang baik dan benar. Indonesia merupakan peringkat ke-2 dengan angka kematian terbanyak karena penyakit TB, sehingga dokter dari Rutan Kelas I Cipinang memberikan edukasi-edukasi kepada WBP agar selalu menjaga kesehatanya agar tidak mudah tertular kuman-kuman TB yang tersebar di udara bebas.


“ TB bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun TB dapat disembuhkan dengan pengobatan yang benar. Maka dari itu saya berharap kepada WBP yang ada disini selalu hidup bersih dan teratur “ ucap dr. Yulius.


Setelah pemberian materi kepada WBP dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada WBP yang mengikuti Penyuluhan dan Pemeriksaan TB. 


Diharapkan apabila ada gejala yang dirasa sesuai materi penjelasan yang telah disampaikan, agar segera periksa dokter klinik Rutan Kelas I Cipinang dan ikut peduli terhadap sesama WBP apabila melihat adanya penderita TB di blok hunian agar melapor ke dokter, sebagai antisipasi dini akan adanya penularan.(JN)

TerPopuler