Kakanwil Kemenkumham Sumut Terima Penghargaan Pada Peringatan Hari HAM Sedunia Ke 74 -->

Kakanwil Kemenkumham Sumut Terima Penghargaan Pada Peringatan Hari HAM Sedunia Ke 74

12 Desember 2022, 12 Desember

Bos com,JAKARTA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi terima Penghargaan Pada Peringatan Hari HAM Sedunia Ke 74 Tahun 2022 kategori Instansi Pemerintah Yang Responsif Terhadap Penanganan Dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia. 


Puncak kegiatan Peringatan Hari HAM tersebut mengambil tempat di Golden Ballroom - The Sultan Hotel & Residence Jakarta Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada hari Senin (12/12/2022)

Berada ditempat terpisah seluruh jajaran pegawai Kanwil Kumham Sumut mengikuti acara tersebut secara daring melalui zoom meeting di Aula Soepomo Lantai V Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara.


Tanggal 10 Desember Tahun 1978 masyarakat dunia mencatat peristiwa penting dan bersejarah, yakni disahkannya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB). Selaras dengan Deklarasi tersebut, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah menegaskan bahwa penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM) adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah.Sebagaimana slogan PBB untuk Hari HAM Sedunia ke 74 Tahun 2022 yaitu Dignity, Freedom, Justice For All, maka Yasonna H. Laoly mengambil tema Peringatan Hari HAM di Indonesia yaitu Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang. Dalam sambutannya, Yasonna menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pemajuan hak asasi manusia, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, masyarakat sipil, pelaku bisnis dan koperasi, serta seluruh anggota masyarakat atas segala upaya dan kerja keras kita bersama dalam mewujudkan P5HAM di Indonesia.


“Saya juga berharap bahwa segala capaian yang telah kita raih dalam pemajuan HAM, tidak membuat kita puas sampai di titik ini saja melainkan menjadi batu loncatan untuk menggapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Indonesia”, ucapnya.


Selanjutnya Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma’aruf Amin dalam sambutannya menekankan bahwa pemerintah mendorong dilaksanakannya upaya pemulihan yang bertanggungjawab baik secara hukum, sosial, lingkungan serta tetap mengedepankan nilai – nilai Hak Asasi Manusia. “Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada lembaga negara dan pemerintah daerah yang meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, Pemerintah Daerah yang melaksanakan pelayanan Publik Berbasis HAM dan instansi responsif dalam penanganan Dugaan Pelanggaran HAM”, ucapnya.


Imam Suyudi mengapresiasi kinerja seluruh anggotanya atas penghargaan Instansi Pemerintah Yang Responsif Terhadap Penanganan Dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berhasil diraih.(JN)

TerPopuler