Kakanwil Kumham Sumut Imam Suyudi Buka Sosialisasi Diseminasi Pencegahan PMI Non Prosedural -->

Kakanwil Kumham Sumut Imam Suyudi Buka Sosialisasi Diseminasi Pencegahan PMI Non Prosedural

22 Juni 2022, 22 Juni

Bos com,PARAPAT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi membuka Sosialisasi Diseminasi Pencegahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural Tahun 2022 bertempat di Khas Parapat Hotel, Rabu 22 Juni 2022.



Imam Suyudi dalam sambutannya menyampaikan saat ini Imigrasi dituntut untuk proaktif dan selektif dalam mengeliminasi ekses negatif dari lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan Negara.


"Adapun tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini ialah untuk mengedukasi masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran agar mengikuti prosedur yang ada dalam mengurus persyaratan serta dapat melaporkan segala bentuk kegiatan non prosedural yang tidak berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebab pekerja Imigran non prosedural akan berada dalam suatu kondisi rentan karena statusnya yang tidak resmi dan tidak terdaftar di Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)", ucap Imam.


Imam mengharapkan adanya sosialiasi pencegahan Pekerja Migran Imigrasi Non Prosedural ini, Kepala Kantor Imigrasi dan peserta sosialisasi  dapat bersinergi dalam upaya pencegahan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural dalam hal permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia / Paspor  dan juga turut serta menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah Danau Toba, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara terkait dengan risiko dan bahaya yang akan timbul dari bekerja secara Non Prosedural sehingga masyarakat tidak mudah dibujuk rayu oleh perekrut Calon Pekerja Migran Indonesia yang tidak resmi dan tidak terdaftar.


 

Kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar ini mendatangkan narasumber Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kab. Simalungun dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Prov. Sumut.


Turut hadir Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Mulyadi, Kepala Polisi Sektor Parapat Jonny Silalahi, Komandan Koramil 11/Parapat Bangsawan Harahap, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di Kota Pematangsiantar James Handohar Siahaan, Camat Girsang Sipangan Bolon Marwandi Yosua Simaibang, Kepala Lurah/Desa dan Siswa/i Simalungun sekitar.(JN)

TerPopuler