KUSUMA dan DPRD Kota Medan Tanda Tangani Nota Kesepakatan Tentang Produk Hukum Daerah Kota Medan -->

KUSUMA dan DPRD Kota Medan Tanda Tangani Nota Kesepakatan Tentang Produk Hukum Daerah Kota Medan

14 Juni 2021, 14 Juni

Bos Com,MEDAN – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatra Utara (KUSUMA) menjalin kerjasama dengan DPRD Kota Medan. Kepala Kantor Wilayah, Imam Suyudi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim tentang Produk Hukum Daerah Kota Medan, bertempat di DPRD Kota Medan, Senin 14 Juni 2021.


Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dengan DPRD Kota Medan. Kakanwil juga menyampaikan kedepannya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara akan meningkatkan pelayanannya terutama pada setiap proses pembentukan Peraturan Daerah di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kantor Wilayah sebagai perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM harus mengambil peranan penting dalam membantu setiap proses pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah. Kakanwil berharap sinergi ini dapat menghasilkan peraturan perundang-undangan yang baik dan berpihak kepada masyarakat sebagai tujuan bersama pemerintah pusat dan daerah. Kantor Wilayah juga sudah mempersiapkan ruangan Law Center yang akan menampung seluruh keinginan masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait masalah hukum. Untuk mewujudkan produk hukum daerah yang baik, tidak terlepas dari sinergitas antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dengan Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Medan.


Adapun ruang lingkup MoU yang baru saja ditandatangani tersebut meliputi penyusunan program pembentukan produk hukum daerah, penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah serta Pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi rancangan produk hukum daerah.


Dalam acara ini Turut Hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Purwanto, Kepala Divisi Administrasi, Betni Humiras Purba, Kepala Divisi Keimigrasian, Anggiat Napitupulu dan Fungsional Perancang Ahli Madya dan Pertama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara, Ketua DPRD Hasyim, Wakil ketua DPRD Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala dan Bahrumansyah serta Ketua Bapemperda Edwin Nasution.(Rel/JN)

TerPopuler