GIIAS Medan 2022 Manjakan Masyarakat Sumatera Utara Gaikindo Bersiap Tambah Rangkaian GIIIAS The Series 2022 -->

GIIAS Medan 2022 Manjakan Masyarakat Sumatera Utara Gaikindo Bersiap Tambah Rangkaian GIIIAS The Series 2022

11 Oktober 2022, 11 Oktober

Bos com,MEDAN- GIIAS Medan 2022 yang merupakan rangkaian pameran GIIAS The Series 2022 resmi berakhir pada Minggu, 9 Oktober 2022 lalu.

 

GAIKINDO menyampaikan rasa syukurnya atas hasil yang dicapai rangkaian GIIAS The Series tahun ini, mulai dari penyelenggaraan GIIAS 2022 pada Agustus, GIIAS Surabaya pada September, dan GIIAS Medan yang baru saja selesai dilaksanakan pada Oktober, telah berhasil menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia, mulai dari berbagai produk hingga teknologi otomotif terkini untuk masyarakat Sumatera Utara. Dukungan juga datang dari Pemerintah, seperti yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara pada saat membuka GIIAS Medan 2022, Rabu 5 Oktober lalu. “Semoga sukses dan berkembang untuk industri otomotif, dan semakin memanjakan rakyat kita,” ujar Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Dukungan juga ditunjukkan dengan kehadiran Walikota Medan, Bobby Nasution pada gelaran GIIAS Medan 2022.

 

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, mengungkapkan bahwa setelah dua tahun, GAIKINDO kembali menyelenggarakan GIIAS Medan, dengan harapan agar GIIAS Medan 2022 dapat kembali memberikan dorongan terhadap capaian pertumbuhan penjualan domestik Sumatera Utara. “GIIAS Medan 2022 membawa atmosfer kendaraan masa depan dengan kehadiran produk dan teknologi terbaru dari hampir semua lini industri otomotif Indonesia kepada masyarakat Sumatera Utara. Kami berharap pameran GIIAS Medan 2022, akan kembali memberikan dorongan signifikan bagi pencapaian industri otomotif Sumatera Utara dan nasional,” jelas Nangoi.

 

Berhasil Tarik Minat Pengujung

Penyelenggaraan GIIAS Medan kali ini membuktikan bahwa perkembangan industri otomotif Indonesia masih menarik minat masyarakat Sumatera Utara. GIIAS Medan 2022 mencatat kehadiran 24.117 pengunjung, naik kurang lebih 20% dari angka pengunjung pada penyelenggaraan GIIAS Medan di tahun 2019 lalu.

 

“Teknologi dan produk otomotif terkini yang dihadirkan delapan APM peserta GIIAS Medan 2022, berhasil menarik minat masyarakat, terlihat dari angka pengunjung yang naik dibandingkan penyelenggaraan GIIAS Medan sebelumnya di 2019. Dan seperti yang telah Kami sampaikan sebelumnya, antusiasme dan dukungan masyarakat adalah kunci dari kenaikan pencapaian industri otomotif Indonesia,” jelas Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022. Ia juga menyampaikan bahwa meski pendataan transaksi pada GIIAS Medan 2022 masih berjalan tren transaksi pada GIIAS Medan 2022 terlihat meningkat cukup signifikan.

 

GAIKINDO memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah medukung keberhasilan penyelanggaraan GIIAS Medan 2022. Kepada para sponsor, Astra Financial sebagai platinum sponsor yang hadir bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA. Serta kepada SuperChallenge sebagai sponsor. Seluruh peserta yang telah bergabung pada penyelenggaraan GIIAS Medan 2022, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Mitsubishi Motors, Toyota, dan Wuling.

 

GIIAS Medan 2022 juga kembali menyelenggarakan favourite car, favourite booth, dan most driven car hasil pilihan dari pengunjung dengan cara voting yang disediakan oleh pihak penyelenggara, dan hasilnya Hyundai berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 250 m persegi , Wuling berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 250 m persegi dan Astra Financial berhasil memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

 

Dari kategori Favourite car dengan kategori EV berhasil diboyong Hyundai Ioniq 5, untuk kategori MPV diboyong Mitsubishi Xpander Cross, dan kategori SUV adalah Honda HR-V.

 

Sementara, pada kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program Test Drive GIIAS Medan diberikan kepada Wuling Air EV. Yang menjadi bukti bahwa masyarakat Sumatera Utara juga menaruh minat yang tinggi pada teknologi otomotif terbaru, kendaraan listrik.

 

GIIAS The Series 2022 Melebarkan Sayap ke Semarang

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyampaikan bahwa berdasarkan arahan Pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian RI, GAIKINDO akan terus memperluas cakupan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO, untuk mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia. “Kami rasa tidak terelakkan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif telah menjadi faktor penting untuk terus mendorong faktor produktivitas, mencapai target industri otomotif nasional, dan fokus yang juga penting adalah memberikan edukasi bagi masyarakat luas lewat pameran, tutur Nangoi. Menurutnya semakin luas jangkauan pameran otomotif GAIKINDO maka semakin terbuka kesempatan mendorong perkembangan dan pencapaian industri otomotif nasional.

 

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 juga menekankan tujuan penyelenggaraan GIIAS. “GAIKINDO mengusung misi pada setiap penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia, memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, sekaligus menjadi dorongan untuk pertumbuhannya, dan Kami berencana untuk terus menambah kota penyelenggaraan GIIAS The Series,” ujar Rizwan. Namun, dengan berat hati GAIKINDO juga harus menginformasikan bahwa dikarenakan kendala teknis, GIIAS Makassar harus ditangguhkan penyelenggaraannya pada tahun ini. Namun, kedepannya GIIAS Makassar akan kembali dalam rangkaian pameran tahunan GAIKINDO.

 

Rangkaian GIIAS The Series 2022 masih belum selesai, karena demi memberikan dorongan pada industri otomotif nasional, GAIKINDO dan anggotanya sepakat untuk memaksimalkan potensi penyelenggaraan GIIAS The Series pada provinsi Jawa Tengah, yakni kota Semarang. “Kota Semarang memiliki kondisi ekonomi yang baik, dan pasar otomotif di Jawa Tengah adalah pasar yang sangat potensial.  Dengan pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8% dari distribusi secara nasional, oleh karena itu dengan tekat bulat GAIKINDO bersama anggotanya berencana untuk menyelenggarakan GIIAS Semarang 2022,” ungkap Rizwan. 

 

Rencananya GIIAS Semarang 2022, akan menjadi penutup rangkaian GIIAS The Series tahun ini, GIIAS Semarang 2022 akan berlangsung pada 23-27 November 2022, di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah. 

 

GIIAS 2022 The Series

Tangerang     : 11 – 21 Agustus 2022, ICE – BSD City, Kabupaten Tangerang

Surabaya      : 14 – 18 September 2022, Grand City Convex, Surabaya

Medan          : 5 – 9 October 2022, Santika Premiere Hotel & Convention

Semarang     : 23 – 27 November 2022, di Marina Convention Center.(JN)

 


TerPopuler