-->

25 Oktober 2022, 25 Oktober

Bos com,MEDAN - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selaku instansi pembina bagi Satuan Kerja Pemasyarakatan di wilayah Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Sehari Pemasyarakatan Bersama Walikota Medan, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. (Selasa, 25/10/2022) 


Pada kegiatan ini hadir secara langsung Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution beserta jajaran. Rombongan Walikota Medan disambut oleh Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono beserta Kepala Divisi Pemasyarakatan Erwedi Supriyatno dan Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius purwanto. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Kanwil Kemenkumham Sumut dengan stakeholder terkait, hal ini merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab bersama. Dengan jumlah WBP 34.334 orang, sudah menjadi rahasia umum jika kondisi overcrowded merupakan masalah klasik pada tiap Satker Pemasyarakatan diwilayah Sumatera Utara. 

Berbagai pembinaan telah diterima oleh WBP selama berada di Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) maupun di Rumah Tahanan Negara (Rutan). Pembinaan ini merupakan bentuk bimbingan bagi para WBP sebelum kembali ke masyarakat, hal ini dimaksudkan agar WBP dapat Kembali ketengah-tengah masyarakat berbekal skill yang dapat dijadikan sumber penghasilan sehingga tidak kembali berbuat pelanggaran.  


Kegiatan di awali dengan penampilan WBP tari-tarian dan hiburan lainnya, dilanjutkan dengan pembacaan kata sambutan Kepala Kantor Wilayah yang dibacakan Kepala Divisi Administrasi. Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa dari 34.334 orang WBP yang ada di wilayah Sumatera Utara masih didominasi kasus narkoba. Selama menjalani masa pembinaan kami telah memberikan berbagai bentuk pembinaan, namun ini semua juga tidak terlepas dari peran aktif para stakeholder terkait. Seperti Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Medan bekerja sama dengan stakeholder terkait kami fasilitasi untuk tetap dapat mengenyam Pendidikan melalui Sekolah NKRI. Pada kesempatan ini akan kita wisuda sebanyak 27 orang Andikpas yang telah menyelesaikan program Kejar Paket A, Paket B dan Paket C.


“Saya setuju dengan apa yang disampaikan Kakanwil dalam sambutannya, pembinaan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Perlu sinergi kita semua dalam upaya pembinaan saudara-saudara kita ini. Saya sangat mengapresiasi pembinaan yang telah dilakukan selama ini dan saya pesankan pada saudara-saudara yangs edang dalam masa pembinaan untuk memanfaatkan sebaik mungkin pembinaan yang diberikan jadikan diri, keluarga dan Kota Medan bangga dengan hasil pembinaan yang saudara terima disini” ucap Bobby.

 

Pada kegiatan hari ini di tunjukkan beberapa hasil dari bimbingan kerja yang telah dilakukan pihak Lapas dan Rutan. Dari kegiatan bimbingan kerja ini WBP di bekali skill tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan ketika kembali ke masyarakat. Bobby juga menyempatkan mendengar keluh kesah dari perwakilan WBP yang hadir mengikuti jalannya acara.


Turut hadir pada kegiatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan Medan sekitar.  Kegiatan di akhiri dengan foto bersama para tamu undangan dan WBP.(JN)

TerPopuler