Ustadz Daka Juho Simanjuntak Himbau Masyarakat Tunda Mudik. Jihad Hukumnya! -->

Ustadz Daka Juho Simanjuntak Himbau Masyarakat Tunda Mudik. Jihad Hukumnya!

14 April 2020, 14 April
MEDAN - Meningkatnya penyebaran Virus Corona di Indonesia khususnya di Kota Medan membuat tokoh masyarakat Kota Medan angkat bicara. Kali ini dari Ustadz kondang Kota Medan, Ustaz Daka Juho Simanjuntak. Ia menegaskan bahwa menunda mudik di masa wabah Corona ini adalah Jihad.

Untuk itu, ia mengajak warga Kota Medan untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona dengan cara menunda mudik ke kampung halaman.

"Tundalah sejenak mudiknya. Ini mau memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, tundalah mudik di masa Pandemi Virus Corona, bisa saya berkata untuk kita semua, yang mau menunda untuk mudik JIHAD bagi kita, itu Jihad. Tunda mudik, ini ikhtiar kita, ini jihad kita dan ini bukti kasih sayang kita kepada orang tua," ujar Ustadz kondang Kota Medan, Ustadz Daka Juho Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

Ustadz Daka juga menghimbau kepada semua orang tua untuk tidak memberikan ijin anaknya mudik ke kampung halaman karena ditakutkan akan menimbulkan permasalahan baru. 

"Jika perlu saya sampaikan, orang-orang tua kita di kampung telpon anaknya bilang jangan mudik, kita gak mau masyarakat itu ribut karena kedatangan anak kita dari luar kota," ucapnya.

Lalu, Ustadz Daka kembali mengingatkan untuk tidak mudik tahun ini, insyaallah tahun depan masih dapat mudik.

"2 tahun lagi pun kita masih bisa mudik. Kalo kita paksakan di masa sekarang ini, kita gak tahu kita kena penyakit atau orang lain, kalo kita paksakan artinya kita tidak sayang sama orang tua, jangan-jangan ini mudik kita yang terakhir. Tunda mudik, Insyaallah kita bisa mudik tahun berikutnya," tegasnya.

Uztadz Daka berdoa, Insyaallah Covid- 19 dapat segera berlalu. Ia menegaskan umat muslim untuk mengikuti anjuran pemerintah.

"Jika lokasi kita wabahnya sangat berpengaruh atau luar biasa aktif kita shalat dirumah, bukan berarti kita dilarang ke mesjid, kita hanya pindah dari satu sunah ke sunah lainnya. Tunda mudik, ini ikhtiar kita, ini jihad kita dan ini bukti kasih sayang kita kepada orang tua," terangnya mengakhiri.

Dari hasil pantauan wartwan kegiatan diakhiri dengan pemberian sembako kepada seluruh pengurus mesjid Ar Rahim di Jalan Simpang Tanjung, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli. (Hetty)

TerPopuler