Cek Fakta: Wujud Virus Corona Saat Berjabatan Tangan Hoaks

Wujud virus corona kembali tersebar di dunia maya. Kali ini wujud virus corona atau Covid-19 menempel di tangan saat saling berjabat. Wujud Covid-19 itu tersebar di media sosial Facebook, salah satunya akun Facebook Asriati Sa'adah.

Dalam foto itu pula tertulis narasi "Seperti inilah bentuk corona yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India, jadi harus selalu cuci tangan".

Menurut penelusuran ditemukan artikel Tempo.co berjudul "[Fakta atau Hoaks] Benarkah Ini Bentuk Virus Corona yang Berhasil Difoto Ilmuwan India?" pada 3 April 2020. Tempo.co menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan hasil editan.

Tempo.co menemukan bahwa foto itu sudah terlebih dahulu digunakan dalam artikel di situs Tribunnews pada 29 Maret 2020. Artikel itu berjudul "Pertama Kalinya, Ilmuwan di India Publikasikan Gambar Penampakan VIrus Corona".

Namun foto tersebut diberi keterangan, "Ilustrasi-Pertama Kalinya, Ilmuwan di India Publikasikan Gambar Penampakan Virus Corona". Pada pojok kanan bawah foto itu juga tercantum sumber foto tersebut, yakni berasal dari media sosial Twitter.

Kemudian Tempo pun menelusuri sumber foto tersebut dengan menggunakan reverse image tool TinEye. Hasilnya, ditemukan foto yang sama namun berwarna di situs stok foto Shutterstock. Foto itu dimuat pada 15 Juni 2015. Foto tersebut juga diberi tag sebagai foto ilustrasi.

Adapun keterangannya yang ditulis dalam bahasa Polandia terjemahannya adalah sebagai berikut: "Penyakit infeksi menyebar sebagai simbol kebersihan, karena orang berpegangan tangan dengan virus yang bereproduksi dan bakteri yang menyebar bersama penyakit sebagai konsep dari risiko kesehatan ketika tidak mencuci tangan".

Kesimpulannya foto virus corona yang tersebar di media sosial adalah tidak benar. Foto itu hanya sebuah ilustrasi bakteri atau virus yang menempel di tangan. (red/mdk)
Lebih baru Lebih lama