Manager UP2K PLN Sumut Tumpal Hutapea: Pembangunan Listrik Desa Sumut Terkendala Sulit Melintasi Lahan Perkebunan dan Hutan Lindung -->

Manager UP2K PLN Sumut Tumpal Hutapea: Pembangunan Listrik Desa Sumut Terkendala Sulit Melintasi Lahan Perkebunan dan Hutan Lindung

30 Maret 2019, 30 Maret

MEDAN
              Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN UIW Sumut Tumpal Hutapea mengatakan, anggaran proyek listrik tahun 2019 ini sekitar Rp380 miliar, alokasi di Nias untuk 4 kabupaten, Taput, Tobasa, Samosir dan Tapsel. Target tahun ini dibangun listrik desa di 118 desa.
            Kendala terbesar akses jalan yang sulit, sehingga pembangunan sering tertunda. Kita butuh akses jalan bisa dilalui kenderaan roda 4 untuk membawa material seperti tiang beton dan travo, namun tidak semua desa bisa dimasuki roda 4, sehingga adakalanya tiang dan travo digotong manusia, kata Tumpal pada acara media Gathering Kelistrikan Korwalis di Sibolangit, Jumat (29/3). Dengan thema “Mempererat kemitraan antara PLN dan wartawan wujudkan Sumut terang 2019”. Hadir juga Manager Manager PLN UP3 Medan Lelan Hasibuan.
            Kendala lainnya, pembebasan pohon masyarakat susah untuk ditebang, warga minta ganti rugi,sementara ganti rugi untuk proyek lisdes tidak ada . Demikian juga lahan-lahan perkebunan sulit untuk dapat ijin untuk dilintasi tiang dan jaringan. Proses ijin sulit dalam negosiasi. Peraturan yang ada membuat lama prosesnya. Seperti di kebun PT Lonsum, Bukit Melayu , desa Bukit Kijang. PTPN 4 Dusun 4, masih nego untuk dapat ijin. Demikian juga di hutan lindung (produksi, TNGL, Konservasi). Berat prosesnya  karena sesuai UU harus ada Amdal dan ijin yang sulit. Buat Amdal saja butuh dana Rp700 juta, sementara nilai proyek Lisdes itu per desa sekitar Rp300 juta. Juga seperti di Pakpak Barat, ada 30 pohon sawit, warga minta ganti rugi bila sawitnya ditebang.Sementara anggaran Lisdes tidak ada untuk ganti rugi,katanya.
            Kalau di Nias tantangannya lain lagi , sulit lahan warga untuk dilewati jaringan lisdes. Kalau di Sumut, kecuali Nias sudah 95 persen desanya berlistrik,katanya. (Dame)
Teks foto: Tumpal Hutapea yang menjelaskan tentang Listrik Desa  dan Manager  UP3 PLN Medan Lelan Hasibuan foto bersama wartawan.

TerPopuler