Tanam Kabel SKTM 20 KV, PLN Medan Kuatkan Sistem Listrik Hadapi Pemilu 2019 -->

Tanam Kabel SKTM 20 KV, PLN Medan Kuatkan Sistem Listrik Hadapi Pemilu 2019

21 Februari 2019, 21 Februari

MEDAN
PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan saat ini sedang menanam kabel Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 KV di sejumlah titik jalan di Kota Medan. Tujuan utama penanaman kabel itu adalah untuk penguatan sistem kelistrikan 20 KV di Kota Medan hadapi Pemilu 2019. Hal itu dikatakan Manager PLN UP3 Medan, Lelan Hasibuan, kepada wartawan di Medan, Kamis (21/2/).

Dijelaskannya, PLN UP3 Medan membangun kabel SKTM 20 KV sepanjang 196 kms, yakni 17 penyulang express dari gardu induk dan 6 penyulang express dari gardu hubung 20KV ke gardu hubung yang lain.

"Selain itu, PLN UP3 Medan juga membangun gardu hubung 20 KV di 3 lokasi, yaitu gardu hubung Ahmad yani, gardu hubung Labuhan dan gardu hubung Cemara," kata Lelan didampingi Manager Bagian Jaringan Ricki Yakop, Manager Bagian Perencanaan Binsem Situmorang dan Manager Bagian Konstruksi Dwita Aswiyanti.

Lelan mengatakan penanaman kabel SKTM 20 KV itu, untuk mengantisipasi terjadinya manuver beban apabila terjadi gangguan pada salah satu trafo daya 150 Kv atau Gardu Induk.

"Jika terjadi kondisi itu, maka beban dapat dialihkan ke gardu induk yang lain melalui gardu hubung 20 KV dan penyulang Express 20 KV yang baru dibangun, sehingga pemadaman akibat gangguan dapat diatasi dan dinormalkan segera dengan manuver ke penyulang yang lain," jelas Lelan.

Dengan terbangunnya penyulang express 20 KV sepanjang 196 KMS dan gardu hubung 20 KV untuk penguatan sistem 20 KV Kota Medan itu, sebut Lelan, maka ketersediaan dan kehandalan listrik di Kota Medan semakin prima.
Selain itu, diharapkan penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif dan Pemilu DPD pada April 2019 serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Ujian Nasional  dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala khususnya dibidang kelistrikan.

Pihaknya menargetkan keseluruhan pengerjaan penguatan sistem 20 KV Kota Medan itu, akan rampung awal April 2019 atau sebelum agenda Pemilu 2019. "Kami mohon maaf bilamana dalam pengerjaannya di lapangan menimbulkan ketidanyamanan bagi masyarakat," katanya.

Terkait titik jalan yang rusak karena penggalian pada pekerjaan penanaman kabel itu, Lelan mengatakan  segera diperbaiki, namun mengaspalnya ada proses dan standar dari Dinas PU," sebutnya.

Sebagai bagian dari kompensasi, PLN UP3 Medan akan membangun joglo dan jogging track di Taman Beringin Medan, yang diharapkan dapat mendukung aktivitas masyarakat berolahraga maupun bermain.

Ditanya berapa miliar nilai proyek ini, Lelan Hasibuan tidak mau menyebutkannya, tidak usah disinilah, karena banyak paket dan tidak satu kontrak.Ini dikerjakan melalui proses tender umum , siapapun bisa ikut  waktu proses tendernya dan sudah sesuai prosedur,katanya.(Dame)
Teks foto : Proyek pekerjaan PLN Medan penanaman kabel bawah tanah, salah satunya sedang dikerjakan di Jalan Balai Kota Medan.


TerPopuler