Proyek Pembangunan Jembatan Desa Sei Baharu Dipertanyakan Warga -->

Proyek Pembangunan Jembatan Desa Sei Baharu Dipertanyakan Warga

03 Desember 2018, 03 Desember
HAMPARAN PERAK - BOS : Proyek Pembangunan jembatan penghubung jalan di Desa Sei Baharu menuju Desa Lama Dan Paluh Manan Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara dipertanyakan warga. Pasalnya dari hasil pantauan wartawan dilokasi, hingga saat ini tidak diketahui secara pasti nama perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut.

Menurut keterangan dari warga sekitar, proyek yang diduga menelan anggaran pemerintah hingga milyaran rupiah, saat pengecoran tiang penyangga bangunan lantai dasar di sebelah barat jembatan yang bakal dibangun pihak pemborong langsung saja mengecor lokasi tiang penyangga tanpa membongkar tiang penyangga yang lama.

Guna menindaklanjuti temuan tersebut, wartawan langsung ke kantor Desa Sei Baharu untuk mendapatkan informasi. Namun, aparatur Desa Sei Baharu tak satupun yang bersedia memberikan penjelasan alias bungkam. Ironisnya, bukan yang pertama kali, saat ingin dikonfirmasi wartawan, Kepala Desa Sei Baharu sering tidak berada dikantor Desa.

Berdasarkan Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999 tentang  Pasal 3 (1) “Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan,dan sosial kontrol serta Pasal 4 (3) “Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebar luaskan gagasan dan informasi.

Kendatipun demikian, hingga berita ini diterbitkan, informasi nama perusahaan dan kapan selesainya tentang proyek pembangunan jembatan Desa Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak masih tanda tanya

Menyikapi hal ini, warga meminta perlu adanya pengawasan secara serius dari Konsultan dan Pemerintah Kabupaten serta Provinsi Sumatera Utara ataupun Pemerintah Pusat. Agar pembangunan jembatan lebih efisien dan efektif.

"Dalam hal ini agar pihak pemenang Tender lebih Transparan dan memasang plank Proyek agar masyarakat setempat dan masyarakat luar mengetahui Pengerjaan Proyek Pemerintah dan bukan Proyek Siluman," ucap salah seorang warga, Imran.( Ban).

TerPopuler