2019, Polmed Prioritaskan Peningkatan Akreditasi Institusi



MEDAN - Pada tahun 2019 mendatang, Politeknik Negeri Medan (Polmed) akan fokus meningkatkan capaian akreditasi institusi dari B menjadi A. Untuk mendorong itu, berbagai upaya peningkatan kualitas juga akan dilakukan, terutama peningkatan akreditasi program studi. 

"Polmed memiliki 17 program studi yang terdiri dari, program D3 memiliki 11 prodi dan D4 memiliki 6 prodi. Dari 17 prodi itu, semua akreditasinya A dan B, tidak ada lagi prodi yang akreditasinya C. Tapi, kita akan tingkatkan prodi yang akreditasinya B menjadi A di tahun 2019. Sehingga, akreditasi institusi yang saat ini masih B bisa meningkat menjadi A,"kata Direktur Polmed, M Syahruddin ST MT  pada acara coffee morning akhir tahun di kampus Polmed, Medan (28/12).

Didampingi Wakil Direktur I-IV Nursiah, Abdul Rahman, Nisfan Bahri , Berta Br Ginting dan beberapa pejabat Polmed lainnya, Syahruddin menjelaskan, peningkatan akreditasi prodi dan institusi ini sangat penting dilakukan, karena akan mempengaruhi kualitas mahasiswa ketika memasuki dunia kerja, terutama pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). 

Untuk itu, katanya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan akreditasi institusi, pihaknya akan meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak ketiga, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

"Februari 2019 mendatang, kita akan mengirimkan 18 mahasiswa Polmed yang sudah menyelesaikan pendidikan D3 ke beberapa universitas di Taiwan. Nantinya, mereka melanjutkan kuliah selama satu tahun, lalu satu tahun lagi magang. Ini program beasiswa, bukan tenaga kerja yang merupakan program pemerintah. Nah, April 2019 kita akan rekrut lagi. Sayangnya, Polmed belum ada hubungan diplomatik dengan Taiwan. Inilah nanti yang akan kita jajaki dengan Taiwan,"jelasnya.

Selain di Taiwan, Polmed juga akan mengirimkan staf Polmed ke Kanada dan Swiss dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen. 
Di dalam negeri sendiri, lanjutnya, selain meningkatkan kerjasama dengan industri, pihaknya juga akan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah di Sumut.

"Saat ini, Polmed sudah menjadi pilot project program smart city di beberapa kabupaten/kota di Sumut, seperti di Binjai, Tebing Tinggi yang tidak lama lagi akan di launching, Paluta, Palas, Labuhan Batu. Dan dengan Provinsi Sumut saat ini masih berjalan. Kerjasama seperti ini kan juga jadi nilai tambah, karena Polmed yang jadi pilot projecnya,"ujarnya. (Dame)
Teks foto : Direktur Polmed M Syahruddin ST MT memberi penjelasan pada wartawan didampingi Wakil Direktur I-IV Nursiah, Abdul Rahman, Nisfan Bahri  dan Berta Br Ginting
Lebih baru Lebih lama