Raker Korwalis di Parapat, PLN Tegaskan Konsisten Layani Masyarakat -->

Raker Korwalis di Parapat, PLN Tegaskan Konsisten Layani Masyarakat

17 September 2018, 17 September
PARAPAT - BOS : PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara menegaskan komitmennya meningkatkan layanan energi listrik kepada masyarakat di Sumut. Peningkatan layanan itu mulai dari ketersediaan daya, keandalan daya, keterjangkauan harga dan kemudahan dan kecepatan pelayanan.

"Misalnya bahwa PLN Wilayah Sumut saat ini terus menggenjot pembangunan jaringan di desa-desa yang ada di Sumut," kata Supervisor Humas dan Hukum PLN Wilayah Sumut, Rudi Artono saat membuka rapat kerja Pokja Wartawan Kelistrikan (Korwalis), di Parapat, Jumat (14/9).

Bahkan hingga saat ini, kata Rudi Artono, PLN Sumut sepenuhnya terus melakukan perbaikan layanan kepada masyarakat. "Ini sesuai tujuan kita bahwa negara melalui PLN hadir untuk kesejahteraan warga," katanya.

Namun komitmen peningkatan layanan PLN, menurut Rudi tidak akan dipahami oleh masyarakat tanpa adanya media yang menyampaikan informasi kepada mereka. Layanan kelistrikan masih menjadi salah satu hal yang banyak mendapat kritikan dari masyarakat di Sumut.

Hal itu terjadi karena masih banyaknya kendala dari pihak PLN dalam menyampaikan informasi terkait seluruh kebijakan layanan yang mereka lakukan kepada masyarakat.

"Informasi yang tidak tersampaikan kepada masyarakat membuat PLN sering dituduh bohong," katanya.

Dia memisalkan pemadaman listrik yang selalu membuat PLN dihujat. Apalagi masyarakat juga tahu jika saat ini pasokan listrik surplus. "Padahal, kita sama-sama tau saat aktifitas pemeliharaan mesin tetap harus ada pemadaman," katanya.

Pemahaman-pemahaman mengenai pekerjaan kelistrikan seperti inikah yang diharapkannya dapat sampai kepada masyarakat. Hal ini sepenuhnya akan berhasil jika mereka bersinergi dengan media massa.

"Artinya kita bersama-sama memberi informasi kepada masyarakat. Bukan hanya informasi soal kebijakan, tapi kritik kepada kami juga senantiasa kami butuhkan," katanya.

Koordinator Korwalis Yosep Pencawan mengatakan, pihaknya sepenuhnya sangat mendukung kebijakan PLN Sumut yang menjadikan informasi sebagai bagian penting dalam kebijakan pelayanan mereka.

Dalam hal ini ia berharap, PLN Wilayah Sumut memposisikan media massa sebagai mitra penyampai informasi sekaligus sebagai bagian dari pemberi kritikan yang konstruktif.

"Tentunya kami tetap berjalan di koridor sebagai media massa yang mengamalkan fungsi kontrol sosial. Bagian dari pemberi masukan sekaligus saluran informasi bagi masyarakat,"katanya.

Raker I Korwalis berlangsung 14-16 September 2018, yang antara kain untuk merumuskan program dan kerja untuk mendukung penyediaan ketenagalistrikan di Sumut.(Dame)

TerPopuler