DPR Sekolah Inspirasi Bangsa Aceh Tamiang Gelar Pemilu Raya Aksi Remaja.

Bos.com (Aceh Tamiang)– Dewan Perwakilan Remaja (DPR) Inspirasi Bangsa Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Pemilu Raya Aksi Remaja (Pemirsa) bertempat di ruang sidang utama DPRK Aceh Tamiang.

Pemilu Raya Aksi Remaja tersebut dilaksanakan pada Jum’at 1 Maret 2024 yang lalu dalam rangka untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Aksi Remaja atau disebut D’Inspirator, kata Habib selaku Ketua D’Inspirator Kabupaten Aceh Tamiang, kepada awak media pada Minggu, (03/03/24).

Dijelaskannya, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Aksi Remaja tersebut dilaksanakan dengan cara melakukan pemungutan suara melalui pencoblosan surat suara kepada tiga paslon Ketua dan Wakil Ketua di dalam bilik suara terhadap pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua organisasi Aksi Remaja.

Selanjutnya, usai mencoblos Paslon Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Aksi Remaja, kemudian peserta pemilih memasukkan kertas surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara dan selanjutnya mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta berwarna merah, kata Habib yang juga sebagai Ketua Aksi Remaja angkatan 1.

Ia menerangkan bahwa peserta pemilih terdiri dari siswa-siswi SMA sederajat aksi remaja angkatan 1 hingga aksi remaja angkatan 6, dengan menggunakan pakaian rapi.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan karakter Percaya Diri dan Leadership kepada Aksi Remaja dengan metode roleplay dan simulasi secara langsung, ujar Habib sebagai Pimpinan Sidang Dewan Perwakilan Remaja.

Selanjutnya, dalam kegiatan Pemilu Raya Aksi Remaja tersebut turut dilaksanakan pula simulasi sidang komisi dan paripurna layaknya seperti anggota legislatif dan eksekutif.

Saat berlangsungnya simulasi sidang komisi dan paripurna tersebut, para peserta Aksi Remaja mengenakan kostum jas formal, pakaian profesi seperti camat, polisi, tentara, dokter, ASN, dan lainnya, jelas Habib.

Dalam sidang tersebut, ketiga paslon Ketua dan Wakil Ketua langsung menyampaikan Visi Misinya dihadapan pimpinan DPRK Aceh Tamiang dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kaban Kesbangpol Aceh Tamiang, Agusliayana Devita seputar leadership dan organisasi.

Alhamdulillah, para peserta yang terdiri dari siswa-siswi tampak antusias dan serius dalam menjalankan sidang, ungkap Habib.

Habib juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan DPRK Aceh Tamiang atas sambutannya, karena Aksi Remaja tidak dipandang sebelah mata, melainkan sebagai remaja yang dihargai proses belajar kehidupannya.

Terimakasih pula disampaikannya kepada, Ibu Ayu Andriani yang juga selalu bersama kami membangun karakter anak bangsa, para wali murid dan para mentor yang ikut memfasilitasi dan mendukung optimalnya kegiatan output final kelas Aksi Remaja ini.

Semoga kelak siswa/i Aksi Remaja menjadi pemimpin-pemimpin yang arif serta mendengar dan peduli terhadap rakyat, pungkas Habib.

Habib selaku Pimpinan sidang Dewan Perwakilan Remaja, terlihat sangat terampil dalam menggunakan palu sidang ketika mengambil keputusan dan penetapan.

Pantauan wartawan, tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, M. Nur, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tamiang dan Kepsek SDIT Darul Mukhlisin."(Hrp).

Lebih baru Lebih lama