Antisipasi Gangguan Kamtib, Lapas Perempuan Medan Lakukan Perawatan dan Rolling Gembok

Bos com,MEDAN – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Medan melakukan peremajaan fasilitas keamanan dan ketertiban. Kali ini, Ka Kplp (Marlia Rezeki Santoso) dan Kasi Kamtib (Roselina br Purba) beserta jajaran pengamanan melakukan perawatan dan rolling gembok kamar hunian warga binaan. Seluruh gembok dikumpulkan lalu dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh petugas. Gembok tersebut lalu diberikan pelumas agar tidak berkarat dan mudah digunakan. Jumat (29/12).

Selanjutnya petugas memeriksa kelancaran anak kunci saat digunakan. Setelah selesai dibersihkan maka dilakukan rolling gembok secara acak. Gembok sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban didalam Lapas Perempuan Medan. Perawatan dan rolling gembok secara berkala dapat mencegah penduplikasian atau pengerusakan kunci yang bisa berakibat pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan perawatan dan rolling gembok kamar hunian ini sendiri merupakan salah satu deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Perempuan Medan. "Hal ini juga bertujuan untuk mengecek kelayakan sarana dan prasarana di dalam Lapas Perempuan Kelas IIA Medan untuk mengukur kekuatan keamanannya,"ujar Marlia.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Medan, Agustinawati Nainggolan, mengatakan Lapas Perempuan medan akan terus berkomitmen melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dengan berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtib tersebut. Di antaranya dengan melakukan razia kamar hunian secara rutin dan insidentil, perawatan dan rolling gembok, perawatan senjata,kegiatan kontrol keliling , dan lain sebagainya. Dirinya juga berharap agar keadaan di Lapas Perempuan Medan selalu aman dan terkendali.(JN)

Lebih baru Lebih lama