Deteksi Dini TBC Lapas Perempuan Kelas IIA Medan Kanwil Kumham Sumut Adakan Screening WBP

Bos com,MEDAN-  Lapas Perempuan Kelas IIA Medan  mengadakan Skrinning TB kepada 200 WBP Guna Deteksi Dini TB untuk mengetahui ada/ tidaknya infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan Penyakit TBC. Kegiatan Ini bekerjasama dengan pihak Tirta Medical Center pada hari Sabtu (04/11/2023).

Kegiatan dimulai dengan pendataan diri WBP oleh pegawai LPP dilanjutkan pendataan oleh pihak Tirta medical center, Pada tahap ini data diri WBP dimasukkan ke data base pihak Tirta medical center , WBP yang telah didata selanjutnya menuju ke bus X-ray untuk dilakukan pemeriksaan rontgen dada dimana ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya tanda /gejala infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosisyang menyebabkan penyakit TBC.  

Apabila hasil Rontgen  ditemukan WBP positif makan dilanjutkan ke proses TCM dimana proses ini untuk pengambilan dahak WBP yang hasil nya positif.  Dahak/sample yang diambil akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Tirta medical center , Hasil akhir dari pemeriksaan ini akan di berikan kepada pihak Lapas perempuan Medan untuk dilakukan tindakan pengobatan. 

Kalapas Perempuan Agustinawati Nainggolan berharap dengan diadakannya skrining dapat mengetahui kondisi dan keadaan WBP sehingga dapat dilakukan penanganan jika ada WBP terdeteksi TB.(JN)

Lebih baru Lebih lama