Lapas Kelas I Medan dan Puskesmas Helvetia Bekerjasama Dalam Pelatihan ader Kesehatan

Bos com,MEDAN - Sebanyak  30 warga binaan Lapas Kelas I Medam diberikan pelatihan sebagai kader kesehatan. Pembukaan pelatihan dilaksanakan di Aula Gedung. 3 Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Selasa (24/10) dipimpin oleh Kabid Pembinaan, Peristiwa Sembiring. 

Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian melalui Kabid Pembinaan, Peristiwa Sembiring yang didampingi Kasi Perawatan, Rudi Icuana Sembiring dan Dokter Lapas menyampaikan, " kegiatan ini kita laksanakan bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan warga binaan di lingkungan Lapas Kelas I Medan, " Jelas Tiwa.

"Jadi untuk diketahui, 30 orang kader kesehatan yang ditunjuk telah dinyatakan lulus tes kesehatan jasmani dan mental serta telah mengacu dengan  regulasi yang ada," Tambah Tiwa.

Kalapas juga berharap, kepada para kader kesehatan supaya dapat saling bekerja sama dan membantu rekan warga binaan yang sakit atau sedang mengalami masalah kesehatan di blok hunian agar segera mendapatkan penanganan medis awal secara cepat dan tepat karena para kader kesehatan telah diberikan pengetahuan tentang kesehatan dan P3K.

Sementara itu, Lapas Kelas I Medan dalam kegiatan ini juga bekerjasama dengan Puskesmas Medan Helvetia, dalam hal ini para kader kesehatan akan mendapatkan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh Dokter Puskesmas Medan Helvetia. 

Selama ditunjuk sebagai kader kesehatan,  30 orang warga binaan yang dipilih harus dapat bekerja sama dengan petugas kesehatan Lapas. Kader kesehatan ini diharapkan mampu menjadi teladan bagi warga binaan yang lain, melakukan upaya deteksi dini dan respon cepat informasi kesehatan yang menular maupun yang membahayakan. Sekaligus menjadi pendamping bagi warga binaan yang sedang sakit di dalam Lapas.(JN)



Lebih baru Lebih lama