Kanwil Kemenkumham Sumut Koordinasikan dan Verifikasi Data SIPKUMKAM di Kabupaten Tapanuli Utara

Bos com,TARUTUNG - Dalam rangka Verifikasi Pengumpulan Data dan Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Imam Suyudi dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang HAM (Flora Nainggolan), Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Bram L Gaol), beserta Tim melakukan kunjungan ke Bappelitbangda Kab. Tapanuli Utara. (21/07/2023)


Mendukung Perlindungan Hukum dan Pemajuan HAM melalui SIPKUMHAM, yang bekerja dengan teknologi artificial intelligence dan crawling data. Dengan teknologi ini, aplikasi dapat menjaring ribuan data Hukum, HAM dan layanan publik yang terpublikasikan di media online dan media sosial secara realtime. Tidak berhenti disitu, SIPKUMHAM juga mampu mengklasifikasikan berita tersebut dalam isu permasalahan Hukum, HAM dan Layanan Publik.


Kedatangan Tim disambut oleh Sekretaris Bappelitbangda (Gregorius M Banjarnahor), Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda (Ferdinan Sitinjak) dan Kabid Perencanaan SDM, Pemerintahan dan Sosial Bappelitbangda (Hotma P. Aritonang). Flora Nainggolan menuturkan bahwa peran Badan Penelitian dan Pengembangan sangat strategis salah satunya dalam memetakan permasalahan dan mencari langkah solutif bagi kondisi sebuah daerah melalui peraturan maupun regulasi. “Hasil Penelitian memang pada hakikatnya perlu dimanfaatkan menjadi bahan, sumber, maupun pedoman dalam pembuatan regulasi ataupun pengambilan keputusan oleh pemangku kebijakan", tutur Flora mengawali kegiatan.


"Dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara mensupport kegiatan ini dan berharap dapat menjadi sarana penyampaian aspirasi dari daerah dan dijadikan sebagai pertimbangan pada pembuatan kebijakan yang hasil akhirnya implementatif. Pada kesempatan ini disampaikan oleh Sekretaris Bapelitbangda Taput bahwa telah dilakukan kajian terkait Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara). Pendirian universitas negeri tapanuli utara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka percepatan pembangunan khususnya di kawasan Tapanuli Raya termasuk dukungan terhadap penetapan Danau Toba sebagai kawasan strategis pariwisata nasional super prioritas dan perwujudan visi misi Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung SDM yang berkualitas", jelas Gregorius M Banjarnahor.


"Dengan adanya inovasi-inovasi, diharapkan hasil-hasil analisis kebijakan maupun riset dapat lebih berperan lagi dalam pengambilan keputusan atau kebijakan pada seluruh lapisan instansi pemerintahan", sambung Flora.


"Kami berharap kerja sama yang baik dapat selalu terjalin dengan Bappelitbangda Kabupaten Tapanuli Utara, mengingat pengkajian dan analisis dilaksanakan berkesinambungan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut dengan tema yang beragam terkait isu aktual yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara secara khususnya setiap tahunnya", kata Bram menambahkan diakhir kegiatan.

Lebih baru Lebih lama