Komisi III DPRD Medan Minta Bapenda Maksimalkan Pengutipan Pajak

Bos com,MEDAN- DPRD Kota Medan meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan agar menggandeng perangkat daerah terkait di lingkungan Pemko Medan untuk melakukan pengutipan pajak sesuai arahan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.


Diharapkan, kolaborasi yang dilakukan Bapenda Kota Medan dengan perangkat daerah terkait dapat memaksimalkan pengutipan pajak. Dengan maksimalnya pengutipan pajak, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2023 dapat lebih maksimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


“Kita sepakat dengan Wali Kota Medan, bahwa Bapenda Kota Medan memang tidak mungkin bisa maksimal dalam melakukan pengutipan (pajak) bila berjalan sendiri. Artinya, Bapenda harus bersama-sama dengan perangkat daerah lainnya. Ini penting, agar pajak yang dikutip bisa maksimal sehingga mendongkrak PAD Kota Medan,” ucap anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra, Kamis (27/4/2023).


Dikatakan Politisi Muda Partai Gerindra itu, sejatinya ada banyak perangkat daerah yang lebih mengerti dan menguasai kondisi wajib pajak yang akan ditagih. Misalnya seperti saat menagih PBB yang menunggak, perangkat di kecamatan ataupun kelurahan dinilai sebagai pihak yang paling mengetahui kondisi wajib pajak.


“Wajar saja pihak kecamatan dan kelurahan lebih mengetahui, karena wajib pajak tersebut merupakan warga. Itu sebabnya Bapenda Kota Medan harus memaksimalkan kolaborasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan,” ujarnya.


Begitu juga misalnya dengan proses pengutipan Pajak Hotel dan Restoran, wakil rakyat dari Dapil Medan V (Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Polonia, dan Medan Maimun) itu meminta agar Bapenda harus dapat menggandeng Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan.


“Sebab hotel dan restoran itu merupakan stakeholder Dispar, tentu hubungan emosional para pelaku usaha hotel dan restoran sudah lebih terbangun dengan teman-teman di Dinas Pariwisata, karena mereka pasti lebih sering berkomunikasi. Hal-hal seperti ini yang harus dipahami, agar pengutipan pajak dapat benar-benar maksimal,” katanya.


Sebelumnya Bobby Nasution meminta meminta Bapenda Kota Medan untuk berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait. Kolaborasi yang dimaksud dapat diwujudkan dengan turun bersama ke lapangan untuk mengutip pajak.


Dengan kolaborasi yang dilakukan ini, diharapkan realisasi pajak yang diperoleh bisa lebih maksimal di tahun 2023 ini. Tentunya sebelum turun bersama, Bapenda diharapkan dapat lebih dahulu melihat kondisi di lapangan.(S.Smjk)

Lebih baru Lebih lama