Tingkatkan Kemampuan Menulis Press Release dan Hard News Bagi Pemangku Kehumasan Kemenkumham -->

Tingkatkan Kemampuan Menulis Press Release dan Hard News Bagi Pemangku Kehumasan Kemenkumham

05 September 2022, 05 September

Bos com,MEDAN- Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan HAM RI menyelenggarakan bimtek jabatan fungsional Pranata Humas. Bimtek ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis menulis press release dan hard news bagi pemangku kehumasan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dengan mengambil tema “Humas Menulis Layaknya Jurnalis”.


Secara virtual seluruh pegawai dari sub bagian Humas, RB dan TI mengikuti Bimtek di ruang kerja kepala bagian Program dan Humas.

Redaktur Pelaksana Kompas Heru Margianto hadir sebagai narasumber. Dalam kesempatannya Heru menjelaskan apa yang menjadi perbedaan hardnews dengan feature. “Hardnews merupakan Berita to the point yang berisi hanya fakta atau tanpa opini, atas suatu peristiwa yang disusun cepat, mengandung unsur 5 W+1H yaitu what, when, where, who, why dan how dan ditulis dalam struktur piramida terbalik,” ungkap Heru di Ruang Rapat 553 Lantai 5, Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Senin,05/09/22).


“Sedangkan Feature berisi Berita kisah, seperti cerpen atau novel, dikemas dalam bahasa yang ringan, dalam struktur penulisan yang luwes atau bukan piramida terbalik, tapi tetap mengandung 5W+1H. Biasanya menyangkut human interest.” lanjutnya.(JN)


Dalam penulisan berita sebaiknya ada menggunakan kutipan langsung. Kutipan langsung adalah salah satu metode yang digunakan untuk membuat tulisan terasa hidup, memiliki roh, memiliki nyawa. Narasumber dalam berita yang ditulis seolah-olah hidup, hadir dan berbicara dalam tulisan.0

TerPopuler