Gandeng Aparat Penegak Hukum, Lapas Siborongborong KanwilKumham Sumut Lakukan Sidak ke Blok Hunian WBP

Bos com,SIBORONGBORONG - Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Siborongborong melakukan razia gabungan mendadak di Blok Hunian WBP serta melakukan tes urine terhadap Pegawai dan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) terkait beredarnya di beberapa media massa serta berita miring yang beredar di masyarakat bahwasannya adanya peredaran narkoba di Lapas Siborongborong yang melibatkan Oknum Pegawai Lapas Siborongborong,pada hari Sabtu (09/07/2022).


Menindaklanjuti berita miring tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Siborongborong, Parlindungan Siregar, A.Md.IP, S.H. mengambil langkah cepat dengan melakukan razia gabungan dan tes urine secara mendadak terhadap Pegawai dan WBP di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Siborongborong dengan melibatkan Aparat Penegak Hukum dari Pihak Danramil  Siborongborong serta disaksikan langsung oleh Media massa yang di undang untuk meliput kegiatan.


Kegiatan razia bersama ini dilaksanakan pada Blok Hunian B,Kamar B1 dan B4 dari hasil razia kali ini ditemukan barang terlarang berupa 6 buah handphone,1 buah headset,1 buah charger,1 gulungan wayar dan 23 buah senjata tajam.

Setelah razia selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Tes urine yang dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIB Siborongborong pada tanggal 9 Juli 2022 pukul 11.30 WIB disaksikan langsung oleh seluruh Pejabat Eselon IV dan V Lapas Siborongborong serta melibatkan Aparat Penegak Hukum dari Pihak Danramil  Siborongborong serta disaksikan langsung oleh Media massa yang di undang untuk meliput kegiatan Tes Urine tersebut.


Kegiatan berlangsung kurang lebih 1 jam , dimulai dengan memanggil Petugas sebanyak 10 orang petugas dan WBP sebanyak 20 orang yang dipilih secara acak. Selanjutnya Seksi Keperawatan dari Lapas Siborongborong mengarahkan Petugas dan WBP yang dihunjuk untuk mengambil sampel urine untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan menggunakan alat tes urine yang bisa mendeteksi 8 macam kandungan Narkotika. Dari hasi pemeriksaan hasil tes urine yang dilakukan kali ini, semua pegawai dan WBP Lapas Klas IIB Siborongborong dinyatakan negatif.


Kalapas Siborongborong menerangkan Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen beliau dalam menanggapi laporan masyarakat sebagai bentuk pelayanan publik yang transparan dan bentuk dukungan saya dalam memberantas narkoba. Peredaran gelap narkotika dan obat-obat terlarang di Lembaga Pemasyarakatan merupakan citra buruk yang seringkali berkembang di masyarakat. Kementerian hukum dan HAM dalam hal ini, Lapas Siborongborong merupakan salah satu UPT yang akan terus membuktikan diri sebagai UPT yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.


“Tidak hanya warga binaan yang harus bersih, seluruh pegawai juga harus bersih. Baik jajaran pejabat, staf maupun jajaran pengaman. Bersih bukan hanya di kata-kata, namun di tindakan. Jika ada petugas/pegawai yang terlibat dalam peredaran Narkoba, saya akan mengambil tindakan tegas dengan memberikan rekomendasi Pemberian Hukuman Disiplin tingkat berat berupa Pemecatan dan untuk di proses sesuai dengan Hukum yang berlaku. Semoga kegiatan ini menjadi pengingat bagi Petugas maupun WBP. Kita akan mengambil langkah terbaik dalam memberantas Narkoba.” ucap Parlindungan Siregar, A.Md.IP, S.H.

“Kegiatan Ini merupakan  pembuktian untuk menepis berita miring yang beredar di masyarakat dengan mengadakan tes urine terhadap pegawai dan WBP yang dilaksanakan bekerja sama dengan TNI dan Polsek  Siborongborong serta Media massa dan saya berharap ini menjadi Reminder (Pengingat)  bagi seluruh pegawai dan WBP di Lapas Siborongborong agar tetap mengikuti peraturan yang berlaku”. imbuh Parlindungan Siregar, A.Md. IP, S.H.(JN)

Lebih baru Lebih lama