Bapas Selatan Sambangi Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ratusan Warga Binaan Di Wawancarai Berbagai Pertanyaan, Ada Apa ? -->

Bapas Selatan Sambangi Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ratusan Warga Binaan Di Wawancarai Berbagai Pertanyaan, Ada Apa ?

18 Mei 2022, 18 Mei

Bos com,JAKARTA - Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan menyambangi Rutan Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam rangka Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Penempatan dan Assessment kepada 408 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (18/5). 


Kunjungan PK Bapas ini untuk melakukan assesmen dan pengambilan data Litmas dengan cara masing-masing warga binaan diwawancarai dan nantinya hasil wawancara tersebut sebagai bahan acuan untuk menentukan program pembinaan mana yang akan diberikan, program asimilasi di rumah atau integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan atau Cuti Bersyarat (CB).


Kepala Bapas Jaksel, Ricky Dwi Biantoro menyampaikan, “Ini kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat, khusus sebagai PK wajib melayani warga binaan dengan baik seperti halnya dalam melakukan pengambilan data Litmas sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi warga binaan untuk memperoleh program asimilasi di rumah serta integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB),” terangnya.


Pelaksanaan pengambilan data Litmas dilakukan kepada warga binaan yang akan diusulkan untuk mendapatkan program tersebut dengan mengedepankan pendekatan kemanusiaan agar setiap warga binaan memberikan data secara jujur dan lengkap kepada PK. “Melalui pengambilan data Litmas, hasilnya dapat dijadikan rekomendasi pengambilan keputusan apakah warga binaan layak atau tidak mendapatkan program yang di usulkan tersebut,” tuturnya.


Disisi lain, Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang di wakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cipinang, Resnu Parada Andhika yang mengapresiasi kedatangan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta selatan dan Pembimbing Kemasyarakatan yang telah hadir untuk memenuhi permintaan litmas penempatan dan assesment tersebut.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapas Kelas I Jakarta Selatan telah bekerja keras serta bersedia untuk terus berkoordinasi terkait pembinaan dan pembimbingan pemasyarakatan di Rutan Cipinang,’ tutupnya.(JN)

TerPopuler