Tingkatkan Komitmen Jajaran Dalam Mencapai Tujuan Pemasyarakatan, Kanwil Kumham Sumut Ikuti Syukuran Menuju 58 Tahun PAS -->

Tingkatkan Komitmen Jajaran Dalam Mencapai Tujuan Pemasyarakatan, Kanwil Kumham Sumut Ikuti Syukuran Menuju 58 Tahun PAS

26 April 2022, 26 April

Bos com,MEDAN – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menghadiri undangan secara virtual Syukuran Menuju 58 Tahun Pemasyarakatan (PAS) dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju” yang diikuti secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumhan Sumut, Imam Suyudi bertempat di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, pada hari Selasa (26 /04/2022)


Turut hadir secara virtual di Aula Soepomo Kanwil Kepala Divisi Pemasyarakatan Erwedi Supriyatno, Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto, Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto beserta Kepala Satuan Kerja Medan sekitar dan pegawai.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan Opening Greeting Masya dan Raka Maskot Pemasyarakatan dilanjutkan Laporan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard SP Silitonga.


Dalam laporannya, Reynhard menyampaikan bahwa telah dilaksanakan beberapa kegiatan yang diikuti dan  diperlombakan oleh petugas pemasyarakatan. Capaian yang didapat saat ini juga berkat dukungan para stakeholder.


"Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Tahun 2022 telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang menempatkan komitmen pemasyarakatan sebagai bagian dari masyarakat secara utuh," ujar Reynhard. 


Salah satu dari rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak bulan Maret 2022 tersebut adalah Program One Day One Prison Product yang merupakan suatu ajang pengenalan serta pemasaran dan penjualan produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari seluruh UPT PAS kepada masyarakat.


"Adapun hasil yang telah diperoleh antara lain terdapat 3.245 transaksi, 660.159 produk terjual, dengan total omset sebesar 3 Miliar lebih. Termasuk yang sedang saya dan Pak Menteri pakai saat ini adalah produk WBP Nias. Walaupun di Nias WBP-nya sedikit, tapi bisa menghasilkan," tutur Reynhard.


Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly memberikan sambutan. Dalam sambutannya Yasonna menyampaikan apresiasi kepada Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan jajaran yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Syukuran hari ini.


"Saya ucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan karena telah menyediakan kesempatan ini untuk kembali mempererat hubungan dengan seluruh stakeholders pada acara Syukuran yang merupakan rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan yang Ke-58," ujar Yasonna.


Pada kesempatan ini juga diumumkan Kanwil dan UPT Penerima Penghargaan Pemenang Lomba Logo, Pemenang Lomba Film Pendek, Pemenang Lomba Inovasi Layanan Publik, Pemenang Vlog tentang Pemasyarakatan, Omset Penjualan Produk dalam One Day One Prison’s Product, Pengundian doorprize pembeli produk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam program One Day One Prison’s Product dan Launching Buku “Sesepuh Pemasyarakatan Berbagi”.


Kegiatan kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Sesepuh Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen jajaran Pemasyarakatan dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan.(JN)

TerPopuler