Peduli Kesehatan, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Lakukan Skrining Penyakit TBC Dan Diabetes Bagi Warga Binaan

Bos com,JAKARTA- Semangat melayani terus dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Salah satunya dengan memberikan layanan kesehatan kepada pada warga binaan untuk dilakukannya Skrining Diabetes, TBC Bagi Narapidana/Tahanan yang di gelar di Gazebo Rutan Cipinang, pada hari Kamis (10/2/2022)


Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Resnu Parada Andika  mengatakan Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang menyerang paru-paru dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian. Hal ini juga melatarbelakangi Tim Medis Rutan Kelas I Cipinang melaksanakan kegiatan skrining bagi warga binaan dengan mendatangkan mobil skrining. Tidak hanya itu, kita juga melakukan skrining penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes dan Kolesterol.

“Tujuan skrining kesehatan ini adalah untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita warga binaan dan untuk dapat mengurangi serta mencegah penularan TBC karena skrining ini merupakan salah satu langkah preventif yang dilakukan Rutan Kelas I Cipinang dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaan,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Jaya saragih selaku Kepala Rutan Kelas I Cipinang menyampaikan bahwa kegiatan skrining ini memiliki peran yang sangat penting karena skrining merupakan salah satu upaya dalam rangka melakukan deteksi awal untuk mengetahui warga binaan mengalami gangguan kesehatan atau tidak karena mencegah lebih baik dari mengobati.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi para warga binaan, baik yang dilakukan secara mandiri yang melibatkan tenaga kesehatan Rutan maupun berkolaborasi dengan instansi lain. Semua ini kami tempuh, dalam rangka menciptakan kondisi kesehatan warga binaan dan juga dalam rangka deteksi dini atau upaya pencegahan potensi gangguan keamanan yang disebabkan oleh keresahan para warga binaan atas kurang optimalnya berbagai layanan di Rutan termasuk layanan kesehatan,” ucap Ka.Rutan.


“Dengan adanya kegiatan tersebut, saya berharap kita semua bisa memutus mata rantai penyakit menular, walaupun warga binaan ini hidup ditempat yang serba terbatas mereka tetap harus sehat dan menikmati kesehatan sehingga mereka bisa hidup layak seperti kita,” Harapannya.(JN)

Lebih baru Lebih lama