Komunitas Indonesia Tionghoa Gelar Baksos Donor Darah Di Sun Plaza Medan -->

Komunitas Indonesia Tionghoa Gelar Baksos Donor Darah Di Sun Plaza Medan

01 November 2021, 01 November


MEDAN - Komunitas Indonesia Tionghoa (KITA) bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menggelar kegiatan sosial donor darah di lantai LG Sun Plaza Jalan KH Zainul Arifin, Minggu (31/10/2021).


Terlihat para pendonor antusias mengikuti kegiatan sosial tersebut. Dari 200-an pendonor, 150 kantong darah dinyatakan memenuhi persyaratan. 


Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat itu dihadiri oleh Pendiri KITA Edy Sugandhy, Bun Liong, Ketua Umum KITA Dayan Sutomo, Sekretaris Umum Hadi Yanto SH MH, Ketua KITA Medan Rudy Wu bersama jajaran di antaranya Djumin Teha, Azwar dan Srikandi KITA Yek Yong, Sumiaty serta kader kecamatan.


Menurut Ketua Umum KITA Dayan Sutomo, donor darah dilaksanakan untuk menyemarakkan Sumpah Pemuda di 2021. "Kami harap, semangat itu tetap bergelora sampai saat ini bahkan selamanya," kata Dayan.


Dia menyebutkan, donor darah itu mengumpulkan 150 kantong yang akan disalurkan ke UTD PMI Kota Medan. Dengan harapan, bisa membantu kebutuhan darah masyarakat Kota Medan.


Ketua KITA Kota Medan Rudy Wu menambahkan, pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan donor darah ditiadakan untuk menghindari kerumunan. Padahal kebutuhan darah di tengah masyarakat tidak bisa berhenti. 


"Salah satu buktinya, kegiatan kami sebelumnya dilakukan enam bulan lalu. Karena pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) maka terhenti dan hari ini kembali dilaksanakan dengan prokes ketat," imbuhnya.


Dikatakan Rudy Wu, pihaknya sengaja menggelar kegiatan di lokasi yang terbilang ramai dengan harapan semakin banyak masyarakat bisa mendonor.


"Dari 200-an yang mendaftar, hanya 150 kantong darah memenuhi persyaratan. Donor darah, selain membantu orang lain juga diri sendiri. Salah satunya mengurangi kekentalan darah," terangnya.


Dia berencana, kegiatan serupa akan digelar setiap bulan sehingga bisa membantu PMI mengatasi kekurangan darah. "Semoga kita selalu bisa membantu kebutuhan darah di Kota Medan. Terima kasih kepada manajemen Sun Plaza yang telah mendukung kegiatan ini," tutupnya. (Red)

TerPopuler