Rusdi Sinuraya Penggagas LPPOM MUI Kota Medan


Prof Muhammad Hatta menerima kunjungan Rusdi Sinuraya dan Pengurus PEDAS di kantor MUI Medan Jalan Nusantara. (istimewa)

MEDAN - Bakal Calon Wakil Wali Kota Medan Rusdi Sinuraya didampingi Pengurus Pedagang Bersatu (PEDAS) bersilaturahmi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan Jalan Nusantara, Selasa (18/2/2020).

Pada pertemuan itu terungkap bahwa Rusdi Sinuraya ternyata penggagas berdirinya Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan (LPPOM) MUI Kota Medan. Lembaga itu berdiri pada 2006 lalu sekaligus yang pertama di Indonesia.

"Beliau (Rusdi Sinuraya-red) yang mengusulkan ke saya agar didirikan LPPOM. Saya setuju. Lalu beliau dengan dananya sendiri (swakelola) mendirikannya. Ini pertama di Indonesia.Lalu niat baik beliau ini diapresiasi Wali Kota Medan yang waktu masih Pak Abdillah. Kemudian pak Wali menggelontorkan dana untuk melengkapi peralatan laboratorium. Jadi memang beliau (Rusdi-red) sudah lama punya hubungan baik dengan MUI Medan," kata Ketua MUI Medan Prof Muhammad Hatta kepada wartawan.

Prof Muhammad Hatta dan Rusdi Sinuraya dan Pengurus PEDAS foto bersama di kantor MUI Medan Jalan Nusantara. (istimewa)

Kedatangan Rusdi ke MUI Medan didampingi Pengurus PEDAS, Haji Erwin Piliang dan Mardi Chan itu tentu mendapat masukan dari Muhammad Hatta. Baik itu mengenai dukungan elemen masyarakat yang  menginginkannya maju pada Pilkada Medan dan juga pencopotannya dari Dirut PD Pasar Medan.

"Apa yang sudah dilakukan menunjukkan beliau itu memiliki sikap seorang pemimpin. Dari sisi agama, beliau sudah menjalankan ilmu dan hikmah. Secara ilmu beliau menyerahkannya ke hukum. Dan secara hikmah beliau mencoba arif dan bijaksana. Dan beliau gak ngotot ketika dicopot dari Dirut PD Pasar," kata Prof Hatta.

Rusdi Sinuraya didampingi Muhammad Hatta melihat prasasti saat peresmian LPPOM MUI Medan. (istimewa)
Soal keinginan maju pada Pilkada Medan,  Hatta berharap agar Rusdi melangkah dengan niatnya sebagaimana yang diajarkan Islam bahwa segala perbuatan harus diawali dengan niat.

"Kalau niat maju Pilkada Medan demi kemaslahatan umat, Insyallah. Allah meridhoi," sebut Hatta.

Di akhir pertemuan, mengajak Rusdi melihat ruangan LPPOM MUI Medan dan sejumlah ruangan lainnya. (Hetty)
Lebih baru Lebih lama