Tim USU Kunjungi 18 Kabupaten/Kota di Sumut Gelar Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2019

MEDAN- Tim Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), di 18 Kabupaten/Kota di Sumut, berlangsung 15 hingga 18 Januari 2018. Sedangkan, untuk Kota Medan merupakan daerah terakhir disosialisasi tim USU tersebut, kemarin di LPPM USU.

"Selain SNMPTN, ‎kita juga melakukan sosialisasi berupa pemahaman yang lebih terperinci terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019," kata Wakil Rektor (WR) I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, di Gedung Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU di Jalan dr Mansyur, Medan.

Sosialisasi ini, dihadiri ratusan undangan terdiri dari kepala sekolah dan siswa/i SMU/SMK/Sederajat. Pihak USU memberikan bimbingan dan arahan, serta teknis pelaksanaan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2019 langsung oleh narasumber yang berasal dari Panitia Pelaksana Seleksi mahasiswa baru USU.

"Disini kita memberikan pemahaman, antara lain tentang cara pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), status akreditasi sekolah tertentu yang belum jelas, materi tes yang memuat Tes Potensi Skolastik di samping Tes Kompetensi Akademik, dan lain-lainnya," jelas Rosmayati yang didampingi Kepala Humas USU Elvi Sumanti ST MHum.

Ke 18 Kabupaten/Kota di Sumut dikunjungi oleh tim USU dalam pelaksanaan sosialisasi SNMPTN/SBMPTN 2019 oleh USU adalah Tebing Tinggi, Binjai, Pematangsiantar, Deli Serdang, Rantau Parapat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Padang Sidempuan, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Sibolga, Dairi, Langkat, Asahan dan Simalungun.
Rosmayati menjelaskan pada tahun akademik 2019/2020 USU menerima mahasiswa baru dengan  jumlah daya tampung USU untuk tiga jalur seleksi nasional sebanyak 7.759 orang. Dengan jumlah tersebut, USU mengajak para pelajar untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah di Universitas tertua di Sumut ini.

"Jumlah tersebut, dengan perincian 2.288 untuk jalur SNMPTN, 3.275 untuk jalur SBMPTN dan 2.196 untuk jalur Mandiri," kata Rosmayati. 

Untuk  SNMPTN sendiri sudah dilaunching pada 4 Januari 2019 lalu. Dengan diawali pengisian dan verifikasi PDSS dari 4  hingga 25 Januari 2019. Pendaftaran SNMPTN dimulai dari 4 hingga 14 Februari 2019. Sementara Pengumuman dijadwalkan pada 23 Maret 2019. Acara sosialisasi tersebut dengan narasumber Sri Melvani Hardi SKom MKom dan Dr Nini Rahmawati SP MSi. (Dame)
Teks foto : WR I USU Prof Dr Rosmayati didampingi Humas Elvi Sumanti, Sri Melvani Hardi dan Dr Nini Rahmawati saat sosialisasi SNMPTN.


Lebih baru Lebih lama