Luar Biasa,Baru Menjabat Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan,S.I.K M,H,Langsung Bermain Ketoprak Memerankan Tokoh Botoh Dirga

Bos com,JAWA TENGAH - Sejumlah pejabat di DIY menjadi pemain ketoprak dengan lakon Crah Agawe Bubrah, Rukun Agawe Santosa di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Gondomanan Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu 3 Desember 2022.


Tak terkecuali, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., yang baru menjabat sebagai Kapolda DIY pun turut tampil dengan memerankan tokoh Botoh Dirga. 

Pementasan ketoprak yang berlangsung selama dua jam ini menceritakan sosok Ki Jaya Sudarga (Romo Banar) yang berperan sebagai seorang saudagar terkaya di Yogyakarta yang terhasut untuk menjadi seorang lurah.Disela pementasannya, Jenderal Polri berdarah Batak ini menyampaikan sangat bahagia menjadi bagian dari pementasan budaya ketoprak tersebut.


"Saya bahagia menjadi bagian dari kebudayaan Jawa di Yogyakarta ini," tuturnya.


Dirinya mengaku, berperan dalam pementasan ketoprak tersebut merupakan sebuah tantangan  pengalaman tersindiri. 


"Ini kebahagiaan tersendiri bagi saya bersama dengan yang lainnya berada di tengah masyarakat," tambahnya. 


Selain Kapolda, yang turut bermain ketoprak itu adalah Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Puji Cakyono, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Komandan Lanal Yogyakarta Letkol Laut (KH/W) Damayanti, dan Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Joko Sugeng, dan Danlanud Adisutjipto Marsma Azhar Aditama.


Selain para jenderal, sejumlah pejabat Forkompinda DIY dan tokoh di Yogyakarta juga ikut serta ambil bagian dalam pementasan ketoprak ini. 


Pentas Seni Rakyat Ketoprak yang diinisiasi oleh Gubernur DIY tersebut merupakan kolaborasi pejabat dan masyarakat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pemda DIY.(JN)

Lebih baru Lebih lama