Humas Di Lingkungan Kumham Sumut Mantab Mangaatkan Media Digital Sebarkan Informasi -->

Humas Di Lingkungan Kumham Sumut Mantab Mangaatkan Media Digital Sebarkan Informasi

07 Desember 2022, 07 Desember

Bos com,MEDAN – Humas pemerintah terus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat. Meningkatnya jumlah pengguna internet mengharuskan Humas Pemerintah memanfaatkan peluang dimana media sosial telah bertransformasi sebagai salah satu sumber informasi yang paling akrab dengan masyarakat.


“Karena kita masuk di era reformasi, masyarakat bisa dikatakan sudah mulai meninggalkan media cetak koran. Karena informasi semua sudah tersaji dalam bentuk digital. Yang lambat menggunakan media informasi akan tergilas. Untuk itu bagaimana kita sebagai Humas harus mampu menyediakan data yang cepat dan tepat waktun dengan pemanfaatan media digital,” kata Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Hantor Situmorang saat memberi Penguatan Kehumasan kepada Operator Humas di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.

Berbagai data instansi pemerintah yang dibutuhkan publik harus dapat disajikan secara akurat, tepat dan cepat. Hantor meminta Humas Pemerintah mampu mengelola data-data yang ada menjadi informasi. Informasi yang disajikan dengan baik kemudian dapat menghasilkan opini publik yang positif.


“Media dikelola menjadi corong menginformasikan hal-hal positif. Pada dasarnya tujuan Humas Pemerintah untuk memenuhi hak tahu publik, memenuhi aspirasi publik serta meningkatkan citra positif pemerintah. Publik harus tahu apa kerja pemerintah,” tambahnya.


Sejalan dengan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara diwakilkan oleh Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono menyebutkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara saat ini terus memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang demi memenuhi informasi yang diperlukan masyarakat serta menginformasikan kinerja instansi.


“Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara hingga saat ini sudah memanfaatkan website dan media sosial baik itu facebook, instagram, twitter, tiktok juga YouTube dalam penyebarluasan informasi. Hal ini juga kami tekankan kepada Satuan Kerja jajaran. Sehingga demikian dapat mendorong Humas menjadi lebih informatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat,”papar Rudi pada hari Rabu (07/12/2022)


Penguatan Kehumasan ini dilaksanakan di Aula Pengayoman Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan diikuti secara langsung maupun virtual.(JN)

TerPopuler