Jalin Kerja Sama Di Bidang Perawatan Kesehatan WBP, Divisi Pemasyarakan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Tim MSF Kunjungi Rutan Cipinang -->

Jalin Kerja Sama Di Bidang Perawatan Kesehatan WBP, Divisi Pemasyarakan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Tim MSF Kunjungi Rutan Cipinang

25 Agustus 2022, 25 Agustus

Bos com,JAKARTA – Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan Tim MSF (Médecins Sans Frontières) mengujungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang dalam rangka untuk menjalin kerja sama di bidang perawatan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pada hari Kamis (25/08/2022)


Tim MSF (Médecins Sans Frontières) atau Dokter Lintas Batas, adalah sebuah sebuah organisasi kemanusiaan medis internasional independen yang memberikan bantuan darurat bagi masyarakat yang terkena dampak konflik bersenjata, epidemi, orang-orang yang tidak mendapatkan layanan kesehatan serta korban bencana alam termasuk tahanan dan narapidana. 

Dalam kunjungan kali ini mereka ingin melihat kondisi pelayanan kesehatan di klinik Pratama Rutan Cipinang dan dukungan kerjasama yang akan di jalin kemudian hari. Dr. Yulius Sumarli, koordinator klinik Pratama Rutan cipinang memaparkan tentang profile klinik pratama rutan cipinang, alur layanan kesehatan, data2 cakupan pelayanan kesehatan dan kendala-kendala yang dihadapi di Rutan Cipinang.


Selanjutnya tim MSF meninjau poliklinik, booth sputum, tempat pembuangan limbah medis, blok Isolasi tuberkulosis, kebersihan lingkungan dan juga dapur. Mr. Jesper, country director menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan yang ada sudah dilaksanakan dengan baik dan akan mendukung penguatan kesehatan di Rutan Cipinang dalam penanganan penyakit infeksi menular, maupun penyakit tidak menular dan peningkatan kapasitas tenaga sumber daya kesehatan.(JN)

TerPopuler