Ditlantas Polda Sumut Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal

Bos com,MEDAN– Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut mengimbau masyarakat yang mudik agar memilih pulang lebih awal pada libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Imbauan ini disampaikan untuk mengantisipasi kemacatan arus lalu lintas. Sebab, arus balik libur lebaran diprediksi akan memuncak pada 7-8 Mei 2022 mendatang.


“Kita imbau ke masyarakat jangan pulangnya last minute dan secara bersama-sama. Karena untuk arus balik diprediksi puncaknya Sabtu dan Minggu ini,” sebut Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Irianto, Kamis (5/5/2022).


“Makanya kami imbau masyarakat tidak secara berbarengan memilih hari atau waktu baliknya di Sabtu dan Minggu. Lebih awal lebih baik,” imbaunya.

Kendati demikian, Indra menyatakan Dit Lantas Polda Sumut tetap akan mengantisipasi arus balik yang terjadi ke depan. Sejauh ini, volume kendaraan yang cukup padat berada di lalu lintas sisi Timur. Mulai dari Tebingtinggi, Tanjungbalai, Asahan, Labuhanbatu, sampai Provinsi Riau.


“Kita juga tidak bisa pungkiri untuk mengantisipasi ke arah Aceh karena ada jembatan Sei Wampu yang terus diantisipasi,” ungkapnya.

Indra menambahkan, untuk jalur Berastagi ada akses alternatif seperti di Jalan Duren Pitu dan satu lagi mengarah ke Tiga Panah. Jalur ini dibuat bila jalan utama sulit diakses karena mengalami kemacatan.


“Untuk langkah ke depan, ya tentu saja kita menggelar kekuatan yang ada. 2/3 minimal dari setiap polres kabupaten/kota menyiapkan pos – pos untuk ikut juga menggelar arus balik mudik jalanan,” pungkasnya.(JN)



Lebih baru Lebih lama