Laksanakan Rukun Islam, Pegawai Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Tunaikan Zakat Fitrah -->

Laksanakan Rukun Islam, Pegawai Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Tunaikan Zakat Fitrah

12 April 2022, 12 April

Bos com,JAKARTA - Menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, Pegawai Rutan Kelas I Cipinang menunaikan kewajiban membayar Zakat Fitrah, pada hari Selasa (12/4/2022)


Zakat fitrah merupakan salah satu dari jenis Zakat yang wajib dikeluarkan di bulan Ramadhan oleh setiap individu merdeka dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Zakat sendiri telah menjadi salah satu bagian dari rukun islam yang ke-4. Oleh karena itu, Islam mewajibkan zakat untuk menjadi salah satu pilar agama dan umat muslim wajib untuk selalu membayar zakat terutama zakat fitrah.

Tujuan berzakat adalah untuk memberdayakan orang fakir miskin dan 8 golongan penerima zakat agar kehidupannya berangsur-angsur membaik. Selain itu, ketika mengeluarkan zakat, maka menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, dan menumbuhkan perasaan bersyukur karena mampu membantu orang lain untuk sama-sama berdaya secara ekonomi.


Pada kesempatan kali ini, sebagaimana arahan Surat Edaran Sekjen Kemenkumham RI dengan Nomor: SEK-UM.06.01-76 perihal pelaksanaan Zakat Fitrah di lingkungan Kemenkumham RI, Rutan Cipinang turut serta memfasilitasi pelaksanaan pembayaran Zakat Fitrah bagi pegawainya.

Pelaksanaan kegiatan pengumpulan Zakat Fitrah ini dilakukan mulai dari Senin sampai dengan Selasa (11-12 April 2022). Dengan besaran Zakat Fitrah Rp 45.000 / orang sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Nomor 10 Tahun 2022 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi tahun 2022.(JN)

TerPopuler