Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar One Day One Prison’s Product -->

Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar One Day One Prison’s Product

25 Maret 2022, 25 Maret

Bos com,JAKARTA- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut menyemarakkan dan mensukseskan kegiatan One Day One Prison’s Product atau membeli serta memakai produk buatan warga binaan, ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022,pada hari Jum’at (25/3/2022)


Plh. Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Zecha Arya Dwinanto mengatakan kegiatan One Day One Prison’s Product ini sebagai wujud dukungan Rutan Kelas I Cipinang dalam program dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) di Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 dan merupakan bentuk apresiasi hasil karya warga binaan yang menjadi salah satu product unggulan di Rutan Kelas I Cipinang.

Kegiatan yang selenggarakan di Gazebo Rutan Kelas I Cipinang ini berhasil menjual beraneka macam produk hasil warga binaan seperti Kerajinan Kulit, Sablon Kaos, Mug Custom, ID Card, Lukisan dan lain-lainnya. Produk hasil karya warga binaan ini dapat dibeli secara langsung ataupun bisa juga dibeli secara Online di website e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Adapun total hasil penjualan Pameran One Day One Prison's Product ini sebesar Rp 3.563.000,- dengan uraian hasil penjualan divisi sablon sebesar Rp 1.610.000,-, Divisi Coffee shop sebesar Rp 1.013.000,-, Divisi Tempe sebesar Rp 375.000,-, Divisi Barber Shop sebesar Rp 305.000,-, Divisi Kulit sebesar Rp 200.000,- dan Divisi Budidaya Ikan sebesar Rp 60.000,-.  


Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan Rutan Kelas I Cipinang dapat turut memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa warga binaan di dalam Rutan menerima pembinaan yang akan meningkatkan keterampilan mereka.


Plh. KaRutan mengajak seluruh masyarakat dan Pegawai Rutan Cipinang untuk dapat membeli hasil kerajinan tangan karya Warga Binaan di setiap Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi hasil kerajinan tangan dan kerja keras Warga Binaan Pemasyarakatan.


“Saya inginkan setiap petugas bahkan masyarakat umum mendukung produk-produk karya warga binaan ini dengan membeli dan memakai produk hasil olahan warga binaan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi mereka atas hasil karya dan semangat mereka untuk kembali lebih baik lagi,” harapannya

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Resnu Parada Andika “Kita jaadikan kegiatan ini sebagai salah satu penambah semangat warga binaan untuk terus berkarya. Jika kelak sudah habis masa hukuman mereka dan akan bergabung kembali ditengah masyarakat, maka bisa melanjutkan hasil karya ini,” ujarnya.


Resnu menambahkan untuk lebih memperkenalkan produk hasil karya warga binaan rutan Cipinang kepada masyarakat, kegiatan pameran tersebut di siarkan secara live streaming melalui aplikasi YouTube Bimgiat Rutan Cipinang.(JN)

TerPopuler