Wagub Sumut Buka MTQ I Yayasan Haji Anif -->

Wagub Sumut Buka MTQ I Yayasan Haji Anif

17 Maret 2019, 17 Maret



MEDAN
Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs H Musa Rajekshah MHum membuka secara resmi Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) I Yayasan Haji Anif, di halaman Masjid Almusannif, Komplek Cemara Asri, Jalan Cemara Medan, Minggu (17/3). Penyelenggaraan MTQ ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 H Anif, tokoh pengusaha nasional.    
Hadir dalam acara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Provinsi Sumut H Iwan Zulhami SH MAP, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Dr H Ardiansyah Lc MA, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Sumut H Ahmad Husein SE, para alim ulama dan dewan hakim.   
Musa Rajekshah yang juga Ketua Umum Yayasan Haji Anif menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dalam acara pembukaan MTQ ini tidak banyak undangan yang disebar. Sebab, undangan baru disebarluaskan untuk acara penutupan MTQ, Sabtu 23 Maret mendatang.
“Pada 23 Maret itu bertepatan dengan HUT ke-80 Bapak H Anif. Di sini nanti akan hadir Pak Gubernur Edy Rahmayadi, pejabat dan tokoh lainnya. Di syukuran HUT ke-80 Pak H Anif ini, juga akan diisi tausiyah Ustaz Abdul Somad. Acara akan digelar ba’da (seusai) shalat zuhur,” kata Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.    
Ijeck menyatakan bergembira, MTQ pertama Yayasan Haji Anif ini diikuti 722 peserta dari Sumut dan provinsi tetangga. Namun MTQ ini hanya dikhususkan untuk anak berusia 15 tahun ke bawah agar tidak menjadi fitnah di tahun politik ini.
“Kita menyadari, ini tahun politik. Makanya peserta yang kita undang anak-anak usia 15 tahun ke bawah. Penyelenggaraan MTQ ini tidak ada urusan dengan Pilpres dan Pileg. MTQ ini diselenggarakan karena pada 23 Maret mendatang, Pak H Anif berulang tahun ke-80,” tutur putra H Anif ini seraya menyatakan MTQ ini akan menjadi agenda tetap Yayasan Haji Anif.
Wagub Sumut ini berharap MTQ ini bermanfaat untuk membangkitkan cinta umat Islam khususnya anak-anak terhadap Alquran. MTQ ini juga menjadi penyemangat bagi orangtua mengantarkan anak-anaknya menjadi generasi yang cinta Alquran.
Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami dalam sambutannya menyambut baik penyelenggaraan MTQ ini karena menjadi ajang bagi anak-anak menyalurkan potensinya dalam tilawah dan haflah Alquran. “Kami berharap tahun depan ditambah untuk bidang lomba seni nasyid dan kaligrafi,” katanya.
Sedangkan Ketua Panitia MTQ Yayasan Haji Anif Dr H Sugeng Wanto MAg melaporkan, MTQ yang digelar 17-23 Maret ini diikuti 722 peserta yang berasal dari Sumut, Aceh dan Riau. Untuk tilawah putra diikuti 175 peserta, tilawah putri 171 peserta. Untuk Tahfiz putra diikuti 193 peserta, dan tahfiz putra 183 peserta.
Pada acara pembukaan MTQ tersebut, ditampilkan talkshow dua hafiz cilik Ahmad dan Kamil. Santri Pesantren Tahfiz Yatim De Muttaqin Yogyakarta ini dijuluki “Google Quran” karena sudah hafal 30 juz di usia delapan tahun. Bukan sekadar hafal seuluruh ayat Alquran, tapi juga hafal halaman, baris dan artinya. Mulai dari Wagub Musa Rejekshah hingga Sekum MUI Dr Ardiansyah menguji langsung sang “Google Alquran” itu. (Dame)  
Teks foto : Wagub Sumut Drs H Musa Rajekshah MHum didampingi Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami dan para alim ulama, membuka secara resmi MTQ I Yayasan Haji Anif.

TerPopuler