USU Terima 2.508 Mahasiswa Jalur SNMPTN




MEDAN
Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 USU diumumkan, Jum'at (22/3), pukul 13.00 WIB melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id.
Hasil seleksi itu dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara (USU), melalui Kepala Humas Elvi Sumanti ST MHum,Jumat (22/3).
Dikatakannya, majunya jadwal pengumuman tersebut mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Selain itu,  juga untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN sehingga dapat mendaftar UTBK Gelombang I.
Elvi Sumanti menyebutkan, pada tahun akademik 2019/2020, USU akan menerima  2.508 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Sementara jumlah bidik misi yang diterima sebanyak 650 orang. Adapun fakultas yang paling banyak diminati dalam seleksi SNMPTN 2019 adalah prodi ilmu kedokteran, farmasi, teknologi informasi,  ilmu hukum dan  akuntansi.
Kepada yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 diberitahukan bahwa,peserta lulus SNMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN (lihat pengumuman di website masing-masing PTN tujuan). Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.
Peserta yang lulus seleksi jalur SNMPTN diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan sebagai berikut: lolos verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli) dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.
Bagi peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta. Bagi  peserta yang  dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
Kepada para siswa yang tidak lulus SNMPTN 2019, masih mendapat kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I yang akan ditutup pada hari Minggu  24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran UTBK Gelombang II akan dibuka pada hari Senin 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada hari Senin  1 April 2019 pukul 22.00 WIB. Siswa pendaftar Bidikmisi yang tidak lulus SNMPTN 2019, apabila ingin mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran.
Mengutip pengumuman resmi LTMPT, Elvi juga menyebutkan, berdasarkan mekanisme pendaftaran dan pembayaran UTBK yang hanya berlaku selama 1x24 jam, maka para calon peserta UTBK perlu memperhatikan jadwal pendaftaran UTBK tersebut.
“Terkait adanya perubahan sistem seleksi penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN yang berbeda dengan pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun lalu, maka diharap  para calon peserta UTBK 2019 benar-benar memperhatikan soal data-data penting terkait pendaftaran dan pelaksanaan UTBK. Dengan demikian tidak ada peserta yang dirugikan,” katanya.
Pendaftaran SBMPTN 2019 akan dimulai pada 10-24 Juni 2019 dan diumumkan pada 9 Juli 2019. Sementara pendaftaran Seleksi Mandiri akan dimulai pada bulan Juli 2019 dan diumumkan pada bulan yang sama pula. (Dame)


Lebih baru Lebih lama