PLN Dukung Electrifying Life Style Dalam Moda Transportasi Sumut -->

PLN Dukung Electrifying Life Style Dalam Moda Transportasi Sumut

20 Maret 2019, 20 Maret

MEDAN
Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera  Wiluyo Kusdwiharto meninjau langsung progress assembly Becak Listrik di UHN Medan, Rabu (20/3). Wiluyo juga memberikan kuliah umum bertema,”Electrifying Lifestyle”, listrik untuk kehidupan yang lebih baik. Dijelaskan tentang rencana PLN ke depan dan mendukung penuh program energi yang lebih ramah lingkungan.
Hadir disana GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto, GM PLN UIP Sumbagut  Octavianus Padudung, GM PLN Unit Pembangunan Pembangkit Sumatera Weddy B Sudirman,GM PLN Unit Induk Pembangkitan Sumbagut Bambang Iswanto, Manager PLN UP3 Medan Lelan Hasibuan , Manager UP3 Pakam Kishar Tanto, WR I UHN Dr Richard Napitupulu, WR3 Dr Sindak Hutauruk, WR 4 Dr Samse Pandiangan.
Wiluyo mengajak ke depan kita sebaiknya menggunakan becak motor atau bentor yang clean (bersih lingkungan), yaitu becak listrik, menjadi moda transportasi di Sumatera Utara, karena ke depan BBM akan habis dan mahal harganya. Dengan menggunakan BBM memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi.
PLN bekerjasama dengan Universitas berinovasi untuk mengkonversi becak motor berenergi fossil menjadi listrik, demi mendukung energi baru terbarukan yang sekarang sangat dicanangkan di seluruh dunia.
PLN dan pemerintah terus berupaya memenuhi target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025, atau sebesar 14.900 MW direncanakan adalah Energi Baru Terbarukan (EBT),katanya.
PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara dengan UHN pada  17 Desember 2018 yang lalu, telah kerjasama dengan memberikan motor listrik yang nantinya diharapkan membuat desain becak listrik yang lebih hemat energi yang bisa menggantikan becak motor yang ada saat ini tanpa menghilangkan ciri khas becak yang ada di daerah ini.
"Pengendara kendaraan listrik kini sudah tidak perlu khawatir lagi akan ketersediaan listrik di Sumut. PLN sudah memiliki stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di 15 titik yang berada di beberapa kota di Sumut, dan akan terus dikembangkan," kata Wiluyo.
PLN berharap ke depannya seluruh masyarakat akan menggunakan listrik sebagai energi utama, baik dalam berkendara maupun kegiatan lainnya seperti memasak dengan menggunakan kompor induksi / listrik.
Wakil Rektor 1 UHN Dr Richard Napitupulu menyambut baik inisiatif PLN dalam merencanakan konversi energi bahan bakar untuk bentor ini. PLN dan UHN menargetkan becak motor listrik ini akan rampung pada 2 Mei 2019, yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.(Dame)
Teks foto : Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera  Wiluyo Kusdwiharto saat mencoba becak listrik di UHN Medan,didampingi petinggi PLN lainnya.

TerPopuler