Karutan Klas II B Labuhan Deli Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Industri Non Boarding -->

Karutan Klas II B Labuhan Deli Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Industri Non Boarding

26 Maret 2019, 26 Maret
LABUHAN - Karutan Klas II B Labuhan Deli Nimrot Sihotang, Kabid BBPLK Medan Wawan Herianto SE, secara resmi membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Industri Non Boarding Tahun Anggaran  2019 bertempat di Gedung Rutan Klas IIB Labuhan Deli Lantai 3, Senin (25/03/2019).

PBK Industri Tahap pertama ini dibuka sebanyak 32 orang peserta terdiri atas warga binaan pemasyarakat Rutan Klas II B Labuhan Deli.

Dalam kata sambutannya, Kepala BBPLK Medan yang diwaklili Kabid Wawan Hermanto mengatakan menekankan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki para tenaga kerja yaitu Knowledge, Skill dan Attitute. Untuk bertahan di pasar kerja, tiga komponen itu tidak bisa dipisahkan," Kesempatan tidak datang dua kali, Pergunakan waktu pelatihan ini dengan baik " Kata Wawan.

Karutan Klas II B Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan pembukaan pelatihan servis refrigerasi AC dan juga listrik bagi 32 orang warga binaan kita, Kita laksanakan kerjasama dengan Balai Latihan Kerja dari Kementerian, Juga dengan kegiatan pemberian dana koperasi kepada warga binaan yang dilakukan oleh bapak Presiden Joko Widodo di beberapa Pesantren yaitu pinjaman wakaf mikro kita mengikuti program tersebut di Rutan Labuhan diri bagi warga binaan " Katanya.

Lanjut Nimrot, Sehingga apa yang diharapkan oleh undang-undang Nomor 12 tentang Pemasyarakatan, Yaitu menciptakan manusia yang mandiri akan bisa dilaksanakan dengan adanya program pemberian pinjaman kepada warga binaan, Tentunya pinjaman ini dari sistem koperasi dan setiap warga binaan yang meminjam akan mengembalikan kembali pinjamannya kepada koperasi " Ucapnya.

Nimrot menjelaskan, Nominalnya kita tidak bisa targetkan tetapi bisa memberi contoh, Misalnya dia seorang memiliki keterampilan untuk membawa mobil tapi tidak punya SIM kita, Akan membantu untuk mengurus dirinya dan mungkin untuk membuka kegiatan untuk jualan dipinggir jalan mungkin dari koperasi juga mungkin antara 1000000 sampai 2 juta dengan bunga 2% kegunaan meningkatkan " Jelasnya.

Dalam acara tersebut, Dihadiri Kepala BBPLK Medan, Kemenkumhan, Karutan Labuhan Deli, Kapolsek Medan Labuhan, Lurah, LSM, Organisasi Kepemudaan dan Insan Pers. (Ban)

TerPopuler